Doa Menjenguk Orang Sakit dan Ketahui Adabnya

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 04:00 WIB
Doa menjenguk orang sakit. Foto: iStock
Doa menjenguk orang sakit. Foto: iStock
Jakarta - Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim menjelaskan ada hak hak sesama umat Islam yang harus dilakukan. Satu di antaranya adalah menjenguk orang sakit. Beliau juga membaca doa menjenguk orang sakit.

Berikut ini Hadist Riwayat Muslim nomor 2162



عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رضي الله عنه - قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - - حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ - رَوَاهُ مُسْلِمٌ



Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam." Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "(1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; (3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan 'alhamdulillah'), doakanlah dia (dengan mengucapkan 'yarhamukallah'); (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman)."



Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat yang sakit, beliau selalu mendoakan kesembuhan sahabatnya dengan berbagai lafal doa. Dengan banyak yang mendoakan tentu diharapkan akan lebih cepat diberikan kesehatan oleh Allah SWT.



Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan ketika menjenguk orang sakit supaya cepat sembuh:



1. Diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, berikut ini doa menjenguk orang sakit yang pernah dibaca Rasulullah.


اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا



Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā'an lā yughādiru saqaman.



Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).


Selanjutnya
Halaman
1 2 3