Rina Ciputra Sastrawinata Ungkap Duka Keluarga Kehilangan Sang Ayah

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 13:43 WIB
Ciputra (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Ciputra (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta - Pengusaha Ciputra meninggal dunia dalam usia 88 tahun di Singapura. Jenazah Chairman dan Founder Grup Ciputra itu akan segera dipulangkan ke Indonesia.

"Kami sangat kehilangan sosok ayah, kakek, dan pimpinan yang menjadi suri teladan bagi keluarga dan keluarga besar dari Grup Ciputra," kata putri pertama almarhum Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata, dalam keterangan tertulis dari Grup Ciputra, Rabu (27/11/2019).


Ciputra meninggal dunia dini hari tadi pada pukul 01.05 waktu Singapura setelah mendapat perawatan akibat sakit yang dideritanya. Pihak keluarga saat ini sedang dalam proses memulangkan jenazah almarhum dari Singapura.

Ciputra merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara yang lahir di Parigi, 24 Agustus 1931. Almarhum meninggalkan seorang istri, 4 anak, 4 menantu, 10 cucu, 4 cucu menantu, dan 7 cicit.

Semasa hidupnya, Ciputra telah mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, antara lain Tanda Kehormatan Satyalencana dalam bidang Pembangunan, Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial, dan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan dalam Pengembangan KUD & Pengusaha Kecil. Secara keseluruhan, alm Ciputra menerima lebih dari 80 penghargaan dari berbagai institusi nasional dan internasional lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sekaligus doa kepada beliau dan keluarga," kata CEO Grup Ciputra, Candra Ciputra.



Pihak Istana telah menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya pengusaha Ciputra. Istana menyebut Ciputra sebagai pemegang Satya Lencana Pembangunan.

"Turut berdukacita atas wafatnya Bapak Ir. Ciputra, beliau pemegang Satya Lencana Pembangunan," kata Jubir Presiden Fadjroel Rachman lewat akun Twitter, Rabu (27/11).


Tonton juga Pengusaha Ciputra Tutup Usia :

[Gambas:Video 20detik]

(imk/bar)