Ombudsman Gelar Seminar Pelayanan Publik, Mahfud-Menlu Retno Hadir

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 10:20 WIB
Ombudsman RI menggelar 'Seminar Propartif dan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tahun 2019'. (Foto: Jefrie/detikcom)
Jakarta - Ombudsman RI menggelar 'Seminar Propartif dan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tahun 2019'. Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala menjelaskan bahwa kegiatan ini berupaya menawarkan sistem baru pelaporan publik dari masyarakat.

"Jadi seminar propartif adalah seminar untuk bagaimana para instansi penerima layanan publik ketika menerima keluhan dari masyarakat itu tidak dengan formalistik, tidak dengan kaku, tidak dengan daya pijak pejabat, tapi dengan gaya humble, ramah, informal. Sehingga masyarakat yang punya masalah itu kemudian terdorong untuk melapor," kata Adrianus di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019).


Dorong Partisipasi Masyarakat, Ombudsman Kemas Gaya Baru Laporan PublikFoto: Jefrie/detikcom

Adrianus mengatakan masyarakat yang melakukan pelaporan publik adalah mereka yang memiliki keresahan. Karena itu, menurutnya, pendekatan propartif yang ramah diharapkan mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk melaporkan keresahannya.

"Bandingkan dengan orang-orang yang datang ke kami misalnya itu bukan orang yang seneng kan tapi orang yang gini semua, sudah mau marah aja tuh. Maka dengan pendekatan propartif ini kita harapkan mereka mau melapor, mau datang sehingga kami juga bisa merespons dengan cepat," ujar dia.



Selanjutnya
Halaman
1 2