Razia Apartemen di Jaksel, Imigrasi Temukan WNA Overstay-Tak Berdokumen

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 22:50 WIB
Imigrasi Jaksel menemukan WNA overstay dan tak berdokumen di Apartemen Kebagusan City (Dok. Imigrasi Jaksel)
Imigrasi Jaksel menemukan WNA overstay dan tak berdokumen di Apartemen Kebagusan City (Dok. Imigrasi Jaksel)
Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan menggelar Operasi Gabungan Keimigrasian di Apartemen Kebagusan City. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah warga negara asing (WNA) yang memiliki masalah keimigrasian.

"Beberapa temuan indikasi pelanggaran Keimigrasian yaitu 6 WNA yang berasal dari India, USA, dan Bangladesh yang harus memberikan keterangan lebih lanjut di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan dengan waktu yang telah ditentukan," demikian keterangan yang diterima detikcom, Selasa (26/11/2019).


Razia Apartemen di Jaksel, Imigrasi Temukan WNA Overstay-Tak BerdokumenFoto: Dok. Imigrasi Jaksel

Razia digelar hari ini pukul 16.00-21.00 WIB dengan dipimpin langsung Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Bapak Jamaruli Manihuruk. Razia digelar di 3 tower di Apartemen Kebagusan City yakni Tower Anggrek, Royal, dan Chrysant.

Ada sebanyak 46 WNA yang diperiksa petugas. Petugas juga menemukan WNA yang masa tinggal di Indonesia telah habis (overstay). Selain itu juga ada WNA yang tak memegang dokumen keimigrasian.

"Kemudian, ada 3 WNA yang harus dibawa langsung ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan dengan indikasi pelanggaran Keimigrasian berupa overstay dan sisanya tidak dapat menunjukkan dokumen perjalanan kepada petugas Imigrasi," tuturnya.


Razia Apartemen di Jaksel, Imigrasi Temukan WNA Overstay-Tak BerdokumenFoto: Dok. Imigrasi Jaksel

Operasi Gabungan Keimigrasian ini diikuti pihak Kecamatan Pasar Minggu, Kelurahan Kebagusan, Kesbangpol, Polsek Pasar Minggu, Kodim 0504/JS dan pihak Manajemen Apartemen Kebagusan City. Dalam operasi ini, dibuat enam tim yang langsung mendatangi unit penghuni yang datanya telah diperoleh dari Manajemen Apartemen Kebagusan City dan beberapa informan.

Jamaruli Manihuruk mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat. Dia juga mengapresiasi Manajemen Apartemen Kebagusan City yang kooperatif mendukung kegiatan pemerintah dalam upaya penegakan hukum.
Halaman

(jbr/idn)