Moeldoko Merasa Tak Perlu Negosiasi soal HRS, Ini Respons Pengacara

Indra Komara - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 18:53 WIB
Pengacara Habib Rizieq Syihab, Sugito Atmo Prawiro. (Foto: detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab (HRS) tak pernah berkomunikasi dengan Kedutaan RI di Saudi terkait persoalannya yang tidak bisa balik ke Indonesia. Pengacara Habib Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, membantah.

"Moeldoko mengatakan bahwa tidak pernah melaporkan ke duta besar Arab Saudi, perlu diketahui bahwa beberapa kali kami koordinasi dengan staf Dubes Indonesia di Saudi. Jadi mereka paham betul apa yang terjadi dengan Habib Rizieq. Jadi saya tidak mau berpolemik mengenai masalah berkoordinasi dengan Dubes RI di Saudi, karena Dubes RI di Saudi lebih tahu dibandingkan Pak Moeldoko mengenai masalah apa yang terjadi dengan Habib Rizieq," kata Sugito kepada wartawan, Selasa (26/11/2019).



Sugito mengatakan pihaknya sudah dua kali bertemu dengan pihak Kedutaan RI di Saudi. Namun, menurutnya, saat ini substansinya bukan soal siapa yang harus melakukan komunikasi, melainkan apa yang menjadi penyebab kliennya tak bisa pulang ke Tanah Air.

Untuk itu, dia menegaskan, pernyataan Moeldoko tidak tepat jika menyebut Habib Rizieq tidak pernah berkomunikasi dengan pihak Kedutaan RI di Saudi.

"Kalau mengatakan Habib Rizieq tidak pernah berkoordinasi dengan Konjen RI di Jeddah atau Dubes Arab Saudi, menurut saya tidak tepat. Kita tetap ada komunikasi. Sekarang itu kan substansinya bukan soal komunikasi dan tidak komunikasi, kenapa Habib Rizieq tak bisa pulang ke Indonesia," paparnya.



Selanjutnya
Halaman
1 2