Kalimat Khusnul Khatimah atau Husnul Khatimah, yang Tepat Ya?

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 04:30 WIB
Kalimat Khusnul Khatimah atau Husnul Khatimah, yang Tepat Ya?/Foto: Ardhi Suryadhi
Jakarta - Masyarakat masih banyak yang ragu memilih kalimat antara khusnul khatimah atau husnul khatimah. Padahal, setiap kata memiliki arti yang berbeda.

Biasanya, kalimat khusnul khatimah atau husnul khatimah diucapkan saat menyampaikan duka ketika ada orang meninggal dengan awalan 'Semoga Husnul Khotimah ya'. Selain itu, masyarakat juga kerap menyebut dengan 'Khusnul khotimah dan husnul khotimah'.



Berikut arti khusnul khatimah atau husnul khatimah yang tepat:

Dilansir dari NU Online, salah satu Pengasuh Pesantren Darul Hikam, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur Ustadz Faishal Zulkarnaen mengatakan bahwa ucapan antara khusnul khatimah atau husnul khatimah yang tepat adalah husnul khatimah.

Sebab, khusnul khatimah berarti akhir yang hina. Sedangkan, husnul khatimah berarti akhir yang baik.

"Saya menemukan banyak orang yang mempermasalahkan dan menyalahkan tulisan Khusnul Khatimah. Menurut mereka penulisan ini salah dan yang benar adalah Husnul Khatimah. Alasannya, Khusnul Khatimah bermakna akhir yang hina sedangkan Husnul Khatimah bermakna akhir yang baik," paparnya.



Dalam bahasa Arab ditulis dengan حسن الخاتمة. Huruf ح ditulis h. Sehingga tulisan حسن الخاتمة dibaca dalam latin: husnul khatimah, yang artinya, akhir yang baik.

Adapun kalimat خسن الخاتمة yang dalam latin ditulis Khusnul khatimah artinya adalah akhir yang hina. Ini merujuk pada Ibnul A'robi saat mengartikan akhsana ar-Rajulu_(أخسن الرجل) yang maknanya, terhina setelah perkasa.

Nah, semoga kita tak ragu lagi antara khusnul khatimah atau husnul khatimah ya! (pay/erd)