Kemendagri Ingatkan 3 Fungsi Dewan di Acara Orientasi Anggota DPRD

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 11:49 WIB
Foto: Farih/detikcom
Foto: Farih/detikcom
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan orientasi bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi hasil Pileg 2019. Kemendagri mengingatkan para peserta tentang fungsi anggota Dewan.

"Fungsi pembentukan peraturan daerah dilaksanakan dengan cara mengajukan usul rancangan perda dan kemudian membahasnya bersama kepala daerah untuk disetujui atau tidak raperda tersebut dan diimplementasikan. Selain itu, dapat menyusun program pembentukan perda bersama kepala daerah," kata Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kemendagri Yusharto di kantor b, Jl Raya Kalibata, Pasar Minggu, Jaksel, Selasa (26/11/2019).


Yusharto melanjutkan fungsi kedua terkait anggaran yang dilakukan dalam bentuk pembahasan persetujuan bersama terhadap rancangan perda tentang anggaran pendapatan pemerintah daerah yang diajukan oleh kepala daerah. Fungsi ketiga adalah fungsi pengawasan yang diwujudkan dalam beberapa bentuk pengawasan.

"Pengawasan terhadap perda dan peraturan kepala daerah, kedua pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan ketiga pengawasan terhadap pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2