Daftar Panjang 22 Stafsus Jokowi-Ma'ruf Amin

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 07:31 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: ANTARA Foto)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memiliki deretan staf khusus (stafsus) untuk menunjang kinerja masing-masing. Jika ditotal, jumlah stafsus Jokowi dan Ma'ruf berjumlah 22 orang.

Pengumuman staf khusus awalnya dilakukan oleh Jokowi. Nama Fadjroel Rachman yang pertama ditunjuk menjadi stafsus di periode kedua Jokowi. Sebulan berselang, Jokowi kembali mengumumkan 7 stafsus milenial dan ditambah sejumlah nama lama--namun tidak diperkenalkan Jokowi--. Total, Jokowi memiliki 14 stafsus.


"Waduh nggak ngitung saya, (ada) 14, saya nggak pernah ngitung," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

Presiden Jokowi saat mengenalkan 7 stafsus milenial.Presiden Jokowi saat mengenalkan 7 stafsus milenial. (Foto: Rengga Sancaya)

Pada hari Senin (25/11), Ma'ruf--lewat jubirnya--mengumumkan 8 stafsus. Setengahnya berasal dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Pertimbangan pertama, saya kira karena ini semacam wilayah kewenangan wakil presiden. Tentu saja ini adalah bagaimana wakil presiden nyaman dengan orang-orang yang bersangkutan," kata Jubir Wapres Masduki Baidlowi di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (25/11).


Adapun posisi stafsus setara dengan pejabat eselon I. Selain di lingkaran RI-1 dan RI-2, menteri-menteri di kabinet diperbolehkan mengajukan 5 stafsus.

Deretan nama stafsus Jokowi dan Ma'ruf bisa dilihat di halaman selanjutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2