129 Kendaraan Ditilang Terobos Jalur Sepeda di Hari Pertama Penerapan Sanksi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 20:14 WIB
Jalur Sepeda (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 129 kendaraan bermotor ditilang karena melanggar menerobos jalur sepeda di hari pertama penerapan sanksi. Dinas Perhubungan DKI Jakarta berharap nilai pelanggaran bisa menurut dengan ada tindakan.

"(Sebanyak) 129 sampai tadi pukul 14.30 WIB. Dia masuk jalur sepeda, begitu melanggar ya begitu. Tilang, 129 itu 4 mobil, 125 motor ditilang," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).


Syafrin berharap pengendara bisa sadar dengan tidak lagi masuk ke jalur sepeda. "Kita harap ke depan masyarakat sadar dan berikan prioritas kepada pesepeda," ucap Syafrin.

Syafrin kembali mengingatkan bahwa pelanggar bisa dikenai sanksi kurungan sampai denda. Sanksi itu sudah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

"Sesuai dengan UU 22 Tahun 2009 (tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Pasal 287, pelanggaran rambu atau marka, ayat 1, itu diancam pidana kurungan maksimal dua bulan atau denda maksimal Rp 500 ribu," ucap Syafrin.


Petugas dari Dinas Perhubungan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menindak pelanggar. Disiapkan petugas patroli ataupun penempatan di titik-titik tertentu.

"Ada petugas yang kita tempatkan di titik-titik yang potensial terjadi pelanggaran, dan ada yang mobile," ucap Syafrin. (aik/gbr)