detikNews
2019/11/25 19:11:47 WIB

Jadi Tokoh Modernisasi, Megawati Minta Menteri Jokowi Perhatikan BMKG

Zunita Putri - detikNews
Halaman 3 dari 3
Jadi Tokoh Modernisasi, Megawati Minta Menteri Jokowi Perhatikan BMKG Megawati Soekarnoputri dinobatkan sebagai Tokoh Pelopor Penguatan Modernisasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG). (Zunita/detikcom)


Dia juga meminta Menko PMK Muhadjir Effendy memasukkan kurikulum penanggulangan bencana kepada siswa sekolah.

"Saya lihat ada sebuah daerah (di Jepang) yang tidak boleh diganggu jalan, itu ada patoknya itu ada namanya '3M' tapi itu patok masih merah artinya apa masih cukup, terus lagi harus mencari apa yang dibilang aman warnanya mulai kuning, hijau, dan kalau di bukit. Itu dari anak-anak, makanya Pak Menko PMK ini masuk kurikulum di Jepang dan harus dilaksanakan orang tuanya juga sediakan semacam backpack isi 3 baju, 3 makanan, lalu obat-obatan pribadi dan sebagainya," katanya.



Lalu, Mega juga meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga gencar membuat bangunan tahan gempa. Selain itu, dia meminta Menhub Budi Karya Sumadi membuat rencana ke depan untuk mengantisipasi bencana alam di bidang transportasi.

"Menteri PUPR, mbok ya rakyat itu yo mesti dikencengi gitu. Kenapa sih kalau udah disinggung daerah bahaya mbok jangan... tentang kehidupan timbang suatu saat, saya yang dag-dig-dug berdoa," katanya.

"Pak Perhubungan (Menhub), ada loh Pak kereta api jalan ini pikiran saya salah bener terus terjadi gempa. Kereta apinya menggak-menggok gitu udah gitu nyelonong ke mana, Apa pertolongan pertamanya? Musti piye? Tahu-tahu masinisnya kepentok pingsan gimana? ini kan seharusnya menurut saya semua ini pelatihan. Jangan menganggap tidak berguna, sangat berguna," imbuh Mega.

Terakhir, dia menyinggung agar Menkeu Sri Mulyani juga peduli terhadap program antisipasi bencana. Dia menyarankan Srimul menyiapkan dana khusus untuk mengantisipasi bencana alam.

"Ibu menteri kalau ada seser-seser gitu. Nuwun sewu Bu ada yang bilang bener ya Mbak Ani (Srimul) itu ketat atau pelit, saya (bilang) nggak tahu tanya ke Ibu Menteri sendiri," tutup Mega sambil diiringi tawa peserta.
(zap/rvk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com