Mendagri Wacanakan 'Grade' Ormas untuk Diajak Kolaborasi hingga Diluruskan

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 17:00 WIB
Foto: Mendagri Tito Karnavian (Matius Alfons-detikcom)
Foto: Mendagri Tito Karnavian (Matius Alfons-detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut akan membuat pengelompokan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Pengelompokan ini nantinya akan membagi Ormas ke beberapa kelompok yaitu Ormas yang telah dapat diajak berkolaborasi, perlu dibina dan perlu diluruskan.

Hal ini disampaikan Tito melalui sambutannya pada kegiatan 'Penganugerahan Penghargaan Ormas Tahun 2019' pagi tadi. Dia awalnya memuji Ormas yang bergerak secara mandiri dengan anggaran sendiri.

"Banyak sekali teman-teman dari Ormas bekerja, mohon maaf, mengambil inisiatif sendiri, melakukan secara swadaya, mencari anggaran sendiri tapi berprestasi. Sebaliknya, ada di pemerintahan yang ada anggaran kementerian atau lembaga tapi gak punya kaki di bawah," kata Mendagri Tito Karnavian di Hotel Kartika Chandra, Jalan Jendral Gatot Subroto, Karet, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).



Tito kemudian menceritakan kegelisahan seseorang dari salah satu kementerian yang mengeluhkan kondisi kementeriannya dalam hal membantu mewujudkan program-program Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kemarin ada 1 kementerian, gak perlu saya sebutkan, ada kementerian yg mau membantu kami, 'Pak mendagri punya kaki di bawah, teman-teman kepala daerah. Kita anggaran ada, besar. Program pak presiden jelas. Tapi kami gak punya kaki di lapangan'. Saya berpikir, kakinya itu bukan hanya pemerintah daerah tapi kakinya yang lain juga adalah dari Ormas. Karena Ormas ini militannya tinggi dan tidak terikat banyak birokrasi. Kalau pemerintahkan Pemda terikat lagi dengan birokrasi macam-macam, panjang sekali itu," sambungnya.


Tonton juga SKT Belum Keluar, FPI: Pendirian Ormas Tak Perlu Izin :



Selanjutnya
Halaman
1 2