Digugat Rp 100 Miliar, Pengacara Tempo: Yang Gugat Kementerian, Bukan Amran

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 12:33 WIB
Pengacara Tempo usai sidang di PN Jaksel. (yulida/detikcom)
Jakarta - Sidang gugatan perdata yang diajukan Menteri Pertanian terhadap majalah Tempo ditunda. Hal itu karena berkas administrasi para pihak belum lengkap.

Ketua majelis hakim Fahmiron menunda sidang hingga 2 pekan mendatang. Sidang selanjutnya akan kembali digelar pada 9 Desember.

Kuasa hukum Tempo dari LBH Pers, Gading Yonggar Ditya, mengatakan alasan berkasnya belum lengkap adalah pihaknya masih mengurus pendaftaran surat kuasa di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Jaksel. Para tergugat sudah sepakat memberikan kuasanya kepada LBH Pers.

Sementara itu, pihak penggugat Kementan RI tidak membawa surat gugatan yang asli. Sidang tersebut masih memeriksa kelengkapan legal standing para pihak, belum memasuki pokok perkara.

"Karena kita surat kuasa sedang dalam proses register sehingga hakim memberikan kesempatan ke kita untuk melakukan proses register terlebih dahulu. Karena tadi pihak penggugat juga tidak membawa surat gugatan yang asli. Secara administrasi dari pihak penggugat juga belum lengkap," kata Gading, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (25/11).

Ia menyatakan Menteri Pertanian mengajukan gugatan atas nama Kementerian. Gugatan itu bukan atas nama mantan Mentan Amran Sulaiman ataupun Mentan Syahrul Yasin Limpo.

"Ini menggugatnya atas nama kementerian. Bukan atas nama pribadi. Tadi kita sudah cek di surat gugatan," ujar Gading.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2