Round-Up

Pidato 2 Halaman Menteri Nadiem di Mata Guru

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 05:24 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)


Sementara di mata Ikatan Guru Indonesia (IGI), dalam pidatonya, Nadiem dinilai ingin agar guru-guru tak lagi terbebani pekerjaan administratif. Selain itu, lewat pidatonya, Nadiem juga dinilai ingin menempatkan guru pada posisi terhormat.

"Kami juga menangkap keinginan Nadiem Makarim untuk menempatkan guru pada posisi terhormat," kata Ketum Pengurus Pusat IGI Muhammad Ramli Rahim kepada wartawan, Minggu (24/11/2019).



Karena itu, IGI pun mendorong sejumlah hal untuk mewujudkan keinginan-keinginan tersebut. Pertama, mendorong adanya inovasi di dunia pendidikan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Kedua, mendorong Nadiem untuk mensejahterakan guru-guru di Indonesia.

"Nadiem Makarim harus mampu membebaskan guru dari keterhinaan dengan pendapatan yang bahkan jauh lebih rendah dari buruh bangunan. Dengan cara seperti itu, Nadiem Makarim menempatkan guru pada tempat yang mulia sehingga guru betul-betul dapat berkonsentrasi pada proses pembelajaran untuk menyiapkan anak-anak bangsa di masa yang akan datang," kata Ketum Pengurus Pusat IGI Muhammad Ramli Rahim kepada wartawan, Minggu (24/11/2019).

"Prinsip guru tanpa tanda jasa sudah harus diubah mengingat kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari semakin berat dan karena itu guru-guru Indonesia harus ditempatkan pada posisi yang mulia dengan diberikan pendapatan yang layak," sambung dia.
(mae/jbr)