Round-Up

Pidato 2 Halaman Menteri Nadiem di Mata Guru

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 05:24 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)


Pidato Nadiem sepanjang dua halaman itu lantas mendapat komentar dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Di mata FSGI, pidato Nadiem itu seolah seperti 'pengakuan dosa' terhadap guru yang selama ini banyak dibebani.

"Kalau seandainya bisa disampaikan dalam tanda kutip ya bahwa Pak Menteri mengakui adanya semacam 'pengakuan dosa' terhadap guru. Karena membebani yang banyak sekali beban itu, dilakukan secara administratif, tugas, dan sebagainya untuk guru yang seharusnya tugas itu untuk memajukan pendidikan tetapi tugas itu kelihatannya atau justru membebani dan menghambat. Jadi pidato yang halaman pertama itu ada pengakuan seperti itu," kata Sekjen FSGI Heru Purnomo saat dihubungi, Minggu (24/11/2019).



FSGI juga menyoroti perubahan yang diminta Nadiem. Menurut FSGI, perubahan itu tidak bisa dilakukan dengan sekadar berdasarkan instruksi semata. Dia mengatakan harus ada suatu regulasi yang mendukung langkah perubahan itu.

"Kalau nggak ada regulasi untuk perbaikan seperti itu, perubahan ini harus dari bawah. Apakah semua guru menangkap pidato pak menteri ini? Kan belum tentu. Semua kepsek apa menangkap, apakah semua pengawas, birokrasi pendidikan menangkap yang ada? Kan mereka patuh terhadap aturan, kalau aturan tidak berubah bagaimana mereka mematuhi itu," tuturnya.




Simak video Teks Pidato Mendikbud Nadiem di Hari Guru Bikin Netizen Terkesan: