detikNews
2019/11/24 10:10:44 WIB

Disinggung Veronica Koman, Patung Sudirman di Istana Sudah Ada Sejak Era SBY

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Disinggung Veronica Koman, Patung Sudirman di Istana Sudah Ada Sejak Era SBY Patung Jenderal Sudirman tampak ketika Jokowi memperkenalkan staf khususnya. (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Patung Jenderal Sudirman yang terletak di Istana Merdeka menjadi sorotan usai disinggung oleh Veronica Koman. Advokat pro-Papua merdeka itu meminta maaf setelah mengaitkan patung itu dengan oligarki. Lantas, sejak kapan patung itu ada di Istana?

Jika mengutip laman Encyclopedia Jakarta, patung Jenderal Sudirman ini sudah ada sejak masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tidak diketahui secara persis sejak kapan patung tersebut ada di Istana Merdeka, tapi patung ini sudah tampak sejak 2013.

Patung Sudirman ditempatkan pada ruang serambi belakang dan menghadap ke arah ruang resepsi yang merupakan ruang tengah pada bangunan Istana Merdeka. Pada mulanya ruang serambi belakang merupakan ruang serambi terbuka namun kemudian ditutup pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dengan dinding dan pintu yang menyesuaikan gaya arsitektur bangunan semula. Renovasi ini dilakukan pada 1997. Ruangan ini memiliki luas 74,21 meter persegi.


Patung Panglima Besar TNI pertama ini berukuran cukup besar mengenakan pakaian ciri khasnya dengan bentuk pose sedang berdiri tegap dan tangan kanannya memegang tongkat. Pada bagian bawah patung tersebut terdapat plakat berisi keterangan patung tersebut.

Patung itu akan terlihat ketika Presiden mengundang tamu negara di beranda Istana Merdeka atau Jokowi menyebutnya dengan Veranda Talk. Namun, patung itu tidak akan terlihat secara jelas karena penerangan yang remang.


Lokasi Veranda Talk ini berada di bagian belakang Istana Merdeka. Posisinya menghadap taman dan lapangan asri yang dipenuhi oleh tumbuhan dan pepohonan besar.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com