Singgung Patung Jenderal Sudirman 'Oligarki', Veronica Koman Minta Maaf

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 16:27 WIB
Veronica Koman (ABC Australia)
Jakarta - Veronica Koman kembali membuat kontroversi. Kali ini netizen menyerang Veronica karena menyebut patung Jenderal Sudirman 'oligarki'.

Awalnya Veronica membuat posting-an berupa teks dan gambar di akun Twitter-nya, @VeronicaKoman. Dalam posting-an tersebut, Veronica bertanya sesuatu yang disebutnya sosok misterius di belakang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sosok yang disebutnya misterius itu diberi garis merah sebagai penanda.

"Sosok misterius siapa ini di belakang Pak Jokowi? Oligarki?" cuit Veronica seperti dilihat, Sabtu (23/11/2019).

Foto yang diunggah Veronica ialah momen saat Jokowi memperkenalkan tujuh staf khusus baru dari kalangan milenial. Sosok yang disebut Veronica misterius ada di dalam ruangan Istana Negara.


Selang beberapa jam kemudian, Veronica membuat cuitan baru yang berisi permintaan maaf. Dia sadar bahwa sosok yang disebut misterius merupakan patung Jenderal Sudirman.

"Jujur saya tidak tahu itu patung Jenderal Sudirman. Seumur-umur ke Istana cuma pernah nyampe di sampingnya pas antar surat Kamisan. Saya juga hampir tidak pernah nonton TV," kata dia.

"Saya minta maaf bagi yang merasa tersinggung soal pahlawan nasional," tambahnya.



Keberadaan Patung Jenderal Sudirman itu dijelaskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta lewat situs resminya. Patung tersebut ditempatkan di ruang serambi belakang dan menghadap ke arah ruang resepsi yang merupakan ruang tengah bangunan Istana Merdeka.

Patung Jenderal Sudirman di belakang Presiden JokowiPatung Jenderal Sudirman di belakang Presiden Jokowi (Andhika Prasetya/detikcom)

Patung Jenderal Sudirman berukuran cukup besar. Sosok bernama asli Raden Soedirman itu ditampilkan mengenakan pakaian ciri khasnya dengan bentuk pose sedang berdiri tegap dan tangan kanannya memegang tongkat. Pada bagian bawah patung tersebut terdapat plakat berisi keterangan patung tersebut.

Tonton juga 'Polisi Buru Veronica Koman Tersangka Provokasi Asrama Papua':

[Gambas:Video 20detik]




"Mengingat patung Jenderal Sudirman terletak di dalam bangunan Istana Merdeka, patung ini tidak bisa dilihat bebas oleh umum dan hanya tamu khusus dan undangan resmi dari pihak Istana yang memungkinkan untuk melihat patung tersebut dari jarak dekat. Masyarakat umum mulai mengetahui keberadaan patung ini pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dimana beliau sering mengundang dan menerima kunjungan tamu di teras serambi belakang Istana Merdeka yang diliput oleh media. Pada saat itulah, pintu ruang serambi belakang turut dibuka dan langsung tampak bagian belakang patung Jenderal Sudirman," demikian keterangan dari Disparbud DKI Jakarta. (jbr/fdn)