PAN Desak Pemerintah-BPJS Kesehatan Bayar Tunggakan ke RS Muhammadiyah

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 20:17 WIB
Politikus PAN Saleh Daulay (dok. detikcom)
Politikus PAN Saleh Daulay (dok. detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi IX DPR F-PAN Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah dan BPJS Kesehatan segera membayar tunggakan ke rumah-rumah sakit Muhammadiyah. Tunggakan itu dikhawatirkan bisa mengganggu kegiatan operasional rumah sakit.

"Pemerintah dan BPJS Kesehatan diminta untuk segera membayar tunggakan yang ada ke rumah-rumah sakit Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Pasalnya, tunggakan tersebut sudah sangat mengganggu operasional rumah sakit," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (22/11/2019).


"Dikhawatirkan, layanan yang diberikan tidak bisa maksimal mengingat biaya untuk pembelian obat dan alat-alat kesehatannya tidak mencukupi. Belum lagi gaji dokter, tenaga medis, dan tenaga administrasi harus menjadi perhatian dan prioritas," imbuhnya.

Menurut Saleh, tunggakan BPJS Kesehatan ke rumah-rumah sakit Muhammadiyah di seluruh Indonesia lebih dari Rp 1 triliun. Saleh pun menyebut mempunyai data tunggakan BPJS Kesehatan ke rumah sakit Muhammadiyah di Jawa Tengah.

"Untuk rumah-rumah sakit Muhammadiyah se-Jawa Tengah saja, tunggakan BPJS Kesehatan antara Mei sampai Oktober 2019 sudah mencapai Rp 510 miliar. Ada 34 rumah sakit dan 3 klinik yang bekerja sama dengan BPJS di wilayah itu. Itu yang resmi dilaporkan kepada saya," ujar Saleh.




Simak Video ": 5 Kesepakatan PKS-Berkarya, Tolak Kenaikan BPJS-Persekusi Ulama"



Selanjutnya
Halaman
1 2