detikNews
Jumat 22 November 2019, 19:07 WIB

Jokowi Juga Teken Perpres soal Jabatan Wakil Menristek

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Juga Teken Perpres soal Jabatan Wakil Menristek Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta - Selain posisi wakil Mendikbud, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengatur ketentuan mengenai wakil Menristek. Aturan tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 73/2019 tentang Kemenristek.

Berdasarkan pasal 2 ayat (1), Menristek dibantu oleh wakil Menristek. Posisi ini ditunjuk langsung oleh presiden. Berikut bunyinya:

Pasal 2

(1) Dalam memimpin Kementerian Riset dan Teknologi, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden.



Stafsus Presiden Fadjroel Rachman membenarkan posisi wakil Menristek. Posisi ini sudah diproses bersamaan dengan wakil Mendikbud dan wakil Panglima TNI.

"Wamen kan baru dua ya, yaitu Wamendikbud Perpresnya dengan Wamenristek. Kemudian satu Wakil Panglima. Sekarang semuanya sudah diproses," kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

Saat ini Kemenristek dipimpin Bambang Brodjonegoro. Belum ada nama yang menjabat sebagai wakil. Fadjroel belum mengetahui kapan Jokowi menunjuk posisi wamen yang terbaru.

"Ya belum tahu, itu kan tergantung presiden. Yang paling cepat Desember ini kan Dewas KPK. Itu sedang diproses," kata Fadjroel.




Simak Video "Jokowi Mau Tambah Wakil Menteri, Puan: Nggak Efisien!"


[Gambas:Video 20detik]


(dkp/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com