ADVERTISEMENT

Cegah Korupsi, KPK-Kemendes PDTT Latih 60 Pemuda Kelola Dana Desa

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 16:59 WIB
Program 'Sekolah Pemuda Desa'. (Foto: Dok. Istimewa)


Para pemuda itu diharapkan secara mandiri bisa membuat program dan aksi terkait pemanfaatan dan pengelolaan keuangan desa. Sehingga, para pemuda itu mampu secara langsung berpartisipasi melakukan pencegahan korupsi dan mendorong pembangunan desa.

"Harapannya, melalui program ini para pemuda paham bagaimana cara berpartisipasi dalam mengawal dana desa dan memberikan manfaat dalam mendorong pembangunan desa yang sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan dana desa," ujarnya.



Untuk diketahui, pelaksanaan program Sekolah Pemuda Desa ini merupakan tahun ketiga sejak diluncurkan pada 2017. Program ini bermula dari kegiatan komunitas Ketjilbergerak yang mendorong pelibatan dan partisipasi pemuda desa dalam pembangunan desa.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Tahap pertama dilaksanakan tahun ini meliputi 16 kabupaten, yaitu Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, dan Wonogiri.

Kemudian tahap kedua akan diselenggarakan pada tahun 2020 meliputi 13 kabupaten/kota, yaitu Banjarnegara, Banyumas, Batang, Brebes, Cilacap, Kebumen, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Tegal, dan Wonosobo.

Sementara itu, program Sekolah Pemuda Desa di tahun pertama dan kedua dilakukan di Yogyakara sebagai program piloting. Total sebanyak 120 orang dari 40 desa di Bantul, Kulon Progo, Sleman, dan Gunung kidul telah mengikuti kegiatan ini.


(ibh/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT