detikNews
Jumat 22 November 2019, 16:41 WIB

Di Sekolah Partai PDIP, Ahok-Djarot Akan Bahas e-Budgeting Cegah Korupsi

Sachril Agustin B - detikNews
Di Sekolah Partai PDIP, Ahok-Djarot Akan Bahas e-Budgeting Cegah Korupsi Djarot Saiful Hidayat (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Depok - PDIP tengah melaksanakan Sekolah Pimpinan Dewan Provinsi-Kabupaten/Kota PDIP Gelombang I. Dua mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat bakal memberikan materi tentang e-budgeting demi mencegah korupsi dalam pembahasan APBD.

"Di dalam sekolah ini salah satu penekanannya adalah di dalam proses penganggaran karena asal mula timbulnya korupsi ya kongkalikong itu adalah pada saat proses perumusan APBD dan kita dorong semua APBD itu menggunakan sistem elektronik budgeting dan membuka transparansi kepada seluruh warga masyarakat ya," kata Djarot di Kinasih Resort, Jalan Cilangkap, Tapos, Kota Depok, Jumat (22/11/2019).

"Termasuk saya nanti akan memberikan materi tentang bagaimana merumuskan APBD yang berpihak pada rakyat dengan sistem electronic budgeting, termasuk Pak Ahok juga nanti akan memberikan pada hari besok ya," imbuh Djarot.


Djarot tak ingin ada penyelewengan dalam proses perumusan dan penggunaan APBD. Dia ingin kader PDIP menjaga betul proses perencanaan hingga penggunaan APBD.

"Kita tekankan betul bahwa jangan sampai terjadi di dalam proses perumusan dan penggunaan APBD itu diselewengkan, dihambur-hamburkan untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif, untuk kegiatan-kegiatan yang membuka celah timbulnya korupsi kolusi dan nepotisme ya. Ini adalah pertaruhan kita semua dan tentunya mereka semua juga harus punya bekal bagaimana bisa mengomunikasikan dan merumuskan itu bekerja sama dengan eksekutif serta berkomunikasi dengan fraksi-fraksi yang lain dan di DPRD," jelas Djarot.


Unsur perwakilan DPR juga dihadirkan dalam sekolah partai yang diikuti pimpinan DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Ini dilakukan agar program di daerah yang dipimpin kader PDIP bisa berkaitan dengan program pusat.

"Yang penting lagi adalah karena Alat Kelengkapan Dewan DPR RI juga dihadirkan di sini, bagaimana nyambung antara program-program di daerah yang dipimpin oleh kader PDIP itu bisa terkait langsung dengan program-program di pusat melalui penganggaran yang didistribusikan melalui APBN. Karena Ketua DPR-nya adalah ibu Puan Maharani, maka dari pada itu sekarang ini juga dihadirkan semua Alat Kelengkapan Dewan ya karena kita punya hampir seluruh komisi kita sebagai pimpinan dan yang lainnya sebagai wakil pimpinan," beber Djarot.



Simak Video "Disorot KPK soal Rencana Ubah e-Budgeting, Anies: Spiritnya Transparansi"


(gbr/hri)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com