Round-Up

Gugatan Siswa Gonzaga Tak Naik Tingkat Berujung Sepakat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 05:15 WIB
Penggugat dan Tergugat SMA Gonzaga berdamai (Yulida/detikcom)
Penggugat dan Tergugat SMA Gonzaga berdamai (Yulida/detikcom)

SMA Gonzaga juga merasa tak dirugikan oleh adanya gugatan itu, karena pihak sekolah merasa banyaknya sorotan media sebagai iklan gratis.

"Itu malah iklan gratis untuk Gonzaga. Iklan gratis benar," kata kuasa hukum SMA Gonzaga, Edi Danggur, di PN Jaksel.



Edi mengatakan, sejak awal pihak sekolah menegaskan penerapan nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal) 75 untuk mata pelajaran peminatan sudah sesuai dengan prosedur dan diverifikasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Justru dia mengimbau pada orang tua murid agar berusaha memenuhi nilai yang sudah kebijakan sekolah.

Yustina Supatmi mengatakan anaknya bersama sembilan murid yang tak naik kelas lainnya sudah pindah sekolah. Di sekolah yang baru tersebut, anaknya diperbolehkan naik kelas berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, siswa tidak naik kelas apabila ada tiga mata pelajaran yang dianggap nilainya belum tuntas (merah) atau belum baik, sementara anak Yustina hanya satu mata pelajaran. Sebelumnya, anaknya sempat merasakan mentalnya jatuh saat dinyatakan tidak naik kelas, tetapi kini sudah bangkit kembali.

"Dengan masalah ini, dia sekarang sudah semangat lah karena sekolah ini sangat baik sekali sangat memperhatikan juga. Teman-teman yang 9 itu juga sudah semangat semua," ujar Yustina.



Disdik DKI menyambut baik. Mereka akan melakukan pembinaan terkait kurikulum terhadap sekolah-sekolah, tak hanya SMA Gonzaga. Tujuannya supaya tak ada lagi orang tua murid yang menggugat pihak sekolah gara-gara anak orang tua tersebut tidak naik kelas.

"Mungkin bukan hanya Gonzaga saja, semuanya akan kita coba pembinaan ulang, artinya hal-hal yang berkaitan dengan teknis kurikulum akan kita lakukan pada saat pembinaan nanti," kata Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Disdik DKI Jakarta, Taga Radja Gah.
Halaman

(dnu/zap)