detikNews
2019/11/21 22:03:12 WIB

Round-Up

Gunung Dempo Ditutup Gegara Harimau Berkeliaran

Raja Adil Siregar - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gunung Dempo Ditutup Gegara Harimau Berkeliaran Gunung Dempo (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Pendakian Gunung Dempo, Sumatera Selatan, ditutup karena adanya harimau berkeliaran. Wisatawan juga dilarang kamping di Taman Wisata Gunung Dempo.

"Iya, kita batasi pengunjung untuk tidak berkemah atau nginap di taman wisata Gunung Dempo. Artinya, kunjungan tak boleh sampai malam," terang Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Syamsul Bahri kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).

Pembatasan dilakukan sebagai bentuk antisipasi. Terlebih ada kasus wisatawan asal Sekayu, Irfan, mengalami luka akibat diserang harimau.

Tidak hanya itu, warga dan wisatawan juga dilarang berkunjung ke kawasan Tugu Rimau. Sebab, lokasi itu menjadi salah satu tempat yang saat ini rawan.


Pembatasan ini, lanjut Syamsul, belum diketahui oleh masyarakat. Bahkan mereka terus menunggu perkembangan dari BKSDA Sumsel untuk situasi terkini keberadaan harimau.

"Wisata masih diperkenankan apabila hendak berkeliling kebun teh atau ke Dempo Park. Tapi tetap harus berhati-hati," katanya.

Sementara itu, Kepala Posko Basarnas Pagaralam Alparis mengatakan bukan hanya kamping yang dilarang, pendakian ke puncak Gunung Dempo juga ditutup.

"Pendakian kita tutup, sudah lama kita tutup sejak ada pendaki yang hilang di puncak dan ditemukan meninggal. Ini ada lagi kasus harimau, terpaksa kita tutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Alparis.

Diakui Alparis, puncak Gunung Dempo saat ini sudah steril dari para pendaki. Bahkan untuk keselamatan warga, tokoh masyarakat menggelar doa di Kampung IV Gunung Dempo.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com