detikNews
2019/11/21 21:04:55 WIB

Round-Up

Dukungan untuk Permintaan Gubernur Edy Bongkar Merdeka Walk

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dukungan untuk Permintaan Gubernur Edy Bongkar Merdeka Walk Lapangan Merdeka Medan Sumut (Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi minta Merdeka Walk dibongkar dari Lapangan Merdeka, Medan. Permintaan Edy didukung banyak pihak.

Mundur ke belakang, Merdeka Walk berdiri pada 2005 seizin Wali Kota Medan Abdillah. Lapangan Merdeka memiliki luas 4,8 hektare. Namun, seiring dengan berdirinya Medan Walk, luas tanah terus-menerus berkurang.

Edy mengatakan Lapangan Merdeka akan ditata oleh Pemprov Sumut. Penataan itu merupakan bagian dari pengembangan program Mebidangro, termasuk penataan transportasi dan pembangunan berbagai sarana.

"Itu nanti, tak ada lagi Merdeka Walk itu di situ," kata Edy di hadapan peserta FGD Rencana Program Pengembangan Jalan Metropolitan Mebidangro (Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo) di Hotel Arya Duta, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Rabu (20/11/2019).



Dorongan untuk penataan Lapangan Merdeka sudah beberapa kali disampaikan. Edy ingin Lapangan Merdeka kembali sebagai alun-alun kota yang bisa dimanfaatkan warga menjadi ruang terbuka hijau dan penuh interaksi masyarakat.

Setuju dengan pendapat Gubernur Edy, Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala menyatakan Lapangan Merdeka sepatutnya dijadikan kawasan hijau di inti kota.

Jika disepakati untuk pindah, Sagala mengatakan Pemerintah Kota Medan bisa mencarikan tempat alternatif yang tidak kalah strategis. Salah satu alternatif wilayahnya antara lain di kawasan Jalan Hindu atau di kawasan Capital sampai sudut Delipark Podomoro Jalan Putri Hijau.

"Sebaiknya dijadikan sebagai alun-alun yang asri dan tempat berwisata warga kota," kata Sagala.



Anggota DPRD Medan dari Fraksi NasDem Habib Sinuraya menyatakan hal senada. Namun dia mengingatkan pentingnya dilakukan kajian dan penelitian terlebih dahulu dan dibuat grand design-nya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com