Buka Pameran Lukisan Butet-Widiyatno, Mahfud Singgung Bangsa yang Selalu Stres

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 19:45 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md membuka pameran lukisan Lanskap Luar Dalam karya Butet Kartaredjasa dan Widiyatno. (Alfons/detikcom)
Menko Polhukam Mahfud Md membuka pameran lukisan 'Lanskap Luar Dalam' karya Butet Kartaredjasa dan Widiyatno. (Alfons/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md membuka pameran lukisan 'Lanskap Luar Dalam' karya Butet Kartaredjasa dan Widiyatno. Mahfud menyebut pameran lukisan acara hiburan yang menyenangkan untuk bangsa Indonesia.

Pantauan detikcom, pameran lukisan ini digelar di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019). Seniman Butet Kartaredjasa dan mantan Menteri Agama Lukman Hakim turut hadir.


Mahfud mengatakan pameran lukisan ini juga sekaligus untuk merayakan ulang tahun Butet. Dia berharap Butet selalu bisa berkarya dan menyegarkan pikiran rakyat.

"Mudah-mudahan panjang umur dan terus berkarya menyegarkan hati dan pikiran rakyat Indonesia dengan talentanya yang cukup luar biasa, baik di dunia komedi maupun ternyata juga di lukisan, kita ucapkan selamat pada beliau," kata Mahfud dalam sambutannya.

Mahfud mengaku tidak tahu banyak soal lukisan. Namun, Mahfud memiliki beberapa koleksi lukisan yang menurutnya menyimpan banyak pesan.

"Saya sendiri nggak punya ilmu tapi senang lukisan itu, memandang itu kadang kala ada sentuhan-sentuhan tersendiri di hati yang menyejukkan atau kadang kala ya memberi pesan," ucapnya.

Buka Pameran Lukisan Butet-Widiyatno, Mahfud Singgung Bangsa yang Selalu StresMenko Polhukam Mahfud Md membuka pameran lukisan 'Lanskap Luar Dalam' karya Butet Kartaredjasa dan Widiyatno. (Alfons/detikcom)

Mahfud berharap pameran semacam ini terus dilaksanakan. Terlebih, sebut Mahfud, rakyat Indonesia yang kerap dibuat stres butuh hiburan melihat lukisan karya Butet.

"Terus berkarya terutama upaya mencerahkan, menyenangkan, dan menghibur bangsa ini, karena kadang kala kita perlu banyak hiburan sebagai bangsa yang stres terus, orang seperti Mas Butet ini kita senanglah," canda Mahfud.

Pameran lukisan ini dibuka Mahfud dengan menandatangani sebuah kanvas lukisan. (maa/idh)