detikNews
2019/11/21 12:42:04 WIB

Di Kroasia, Cak Imin Bicara Komitmen RI Kurangi Emisi Karbon

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Di Kroasia, Cak Imin Bicara Komitmen RI Kurangi Emisi Karbon Foto: Muhaimin Iskandar dalam acara Europeans People's Party di Zagreb, Kroasia (dok. Ist)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menghadiri konsolidasi Partai Masyarakat Eropa di Zagreb, Kroasia. Dalam forum tersebut, Cak Imin menyampaikan komitmen Indonesia dalam menurunkan kadar emisi karbon.

Hal itu disampaikan Cak Imin di sela acara Europeans People's Party di Zagreb, Kroasia, Rabu malam (20/11) waktu setempat. Cak Imin mengungkapkan Indonesia sebagai salah satu penyumbang emisi karbon terbesar ingin secara mandiri mengatasi permasalahan itu.

"Saya sudah sampaikan tadi dalam forum bahwa Indonesia berkomitmen menurunkan kadar emisi karbon kita sebesar 29% sampai tahun 2030, dengan usaha sendiri," kata Cak Imin dalam keterangan tertulis, Kamis (21/11/2019).


Caranya, kata dia, dengan mengalihkan kendaraan berbasis BBM ke listrik. Sebab, menurut Cak Imin, kendaraan dan bahan bakar yang digunakan sangat menentukan seberapa besar emisi karbon yang dilepaskan.

"Caranya gimana? Caranya adalah transformasi dari kendaraan berbasis BBM fosil ke berbahan listrik atau biofuel. Maka, sekalian saya ajak negara-negara Eropa agar investasi ke Indonesia untuk mobil dan motor listrik. Minimal yang hybrid-lah," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com