Ditanya TNI Terpapar Radikalisme, BNPT: Kami Tak Dapat Data, Hanya Informasi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 12:40 WIB
Komisi III Rapat Bersama BNPT. (Foto: Azizah/detikcom)
Jakarta - Kepala BNPT Suhardi Alus ditanya soal anggota TNI yang terpapar radikalisme. Hal itu sempat disampaikan oleh eks Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Pertanyaan itu terlontar dalam rapat kerja BNPT dan Komisi III di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Adalah anggota Komisi III F-PAN Sarifuddin Sudding yang bertanya soal pemetaan terorisme di kalangan ASN, lingkungan kampus, dan TNI.

"Dalam kaitan menyangkut pemetaan wilayah dan pemetaan terhadap kampus, ASN, dan sebagainya. Dalam kaitan terhadap statement yang sempat dilontarkan oleh Pak Ryamizard Ryacudu bahwa ada tiga persen anggota TNI kita terpapar radikalisme, terorisme, bagaimana pandangan saudara terkait itu?" tanya Sudding.



Menjawab pertanyaan itu, Suhardi mengatakan, pihaknya tak punya data seperti yang disampaikan Ryamizard. Suhardi menuturkan, ketika itu dirinya langsung dihubungi oleh eks Menko Polhukam Wiranto.

"Mohon izin, Bapak, kami sampaikan di forum ini. Begitu ada statement itu kami ditelepon oleh Pak Wiranto langsung, 'Hardi, dari mana data itu?'. (Dijawab) 'Saya juga nggak tahu, Pak, Bapak bisa tanya sama Pak Menhan karena kami tidak punya data itu'. Bahkan saya dengar juga akan ada penelitian masalah itu," jawab Suhardi.

Menurut Suhardi, pihaknya tidak memiliki data terkait radikalisme yang dimaksud Ryamizard, namun hanya mendapatkan informasi. Hal serupa juga disampaikan Suhardi untuk kasus ASN dan perguruan tinggi yang terpapar radikalisme.



"Jadi data tidak pernah kami dapatkan tapi kami mendapatkan informasi-informasi. Dan sebagai masukan juga, ASN juga demikian, kita banyak kita petakan. Kita kerjasama sama Kemen PAN-RB. Tapi yang kita sampaikan bagaimana kita mereduksinya. Sama seperti dengan perguruan tinggi, kami tidak pernah merilis jumlah perguruan tinggi (yang terpapar radikalisme) sekian," jelas Suhardi.

Selanjutnya
Halaman
1 2