detikNews
Kamis 21 November 2019, 11:30 WIB

Kemenhub Minta Operator Pastikan Kelayakan Kapal untuk Libur Nataru

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kemenhub Minta Operator Pastikan Kelayakan Kapal untuk Libur Nataru Foto: Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wisnu Handoko mengatakan kondisi angkutan laut jelang libur Natal dan tahun baru perlu dipersiapkan. Dalam hal ini, Wisnu memberi perhatian pada kondisi dan kelayakan kapal yang akan digunakan dalam kurun waktu tersebut.

"Kami juga mengingatkan bahwa untuk senantiasa memperhatikan kondisi kapal yang kita lepas dari pelabuhan-pelabuhan kita untuk memastikan kelayakan kapal," kata Wisnu Handoko di Hotel Merlyn Park, Jalan KH Hasyim Ashari, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).


Hal tersebut disampaikan Wisnu dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Wisnu mengatakan mengenai uji coba dan beberapa persoalan yang belum diselesaikan terkait persiapan ini dapat segera ditangani.

"Beberapa waktu minggu terakhir ini kita sudah mulai melakukan uji petik, melakukan ramp check guna kembali mengingatkan para operator kapal untuk mempersiapkan kondisi kapalnya sebaiknya. Terutama untuk kapal yang masanya sertifikat sudah berakhir kemudian juga waktunya untuk merasakan docking, saya kira beberapa minggu ini kita masih ada waktu kurang lebih 2 mingguan," sambungnya.

Wisnu juga menyampaikan bahwa jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal wajib untuk terus diperbarui. Dia menyarankan untuk memberikan informasi terbaru terkait jadwal tersebut melalui media sosial.


"Perusahaan pelayaran wajib mengupdate info terkini jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal. Bisa menggunakan media yang paling mudah dan menginfokan itu melalui media sehingga tidak harus mengandalkan website dari perusahaan pelayaran atau menggunakan papan informasi yang ada di pelabuhan. Karena belum tentu juga kalau di pasang di pelabuhan dilihat. Tetapi kalau ditaruh di Facebook, di Instagram, kemungkinan sekarang orang lebih mudah lihat," ucap Wisnu.

Selain soal pembaharuan jadwal, Wisnu juga memberi perhatian soal penyediaan tiket. Dia mengatakan penjualan tiket perlu diberi perhatian agar tidak membuat antrean yang menumpuk dan meminimalisir peran calo untuk memperoleh tiket tersebut.

"Kemudian kami juga mengingatkan untuk penggunaan e-ticketing di dalam pemberian tiket bisa dijalankan secara konsisten. Kami mohon untuk kepala UPT bisa mengingatkan operator kapal untuk sistem penjualan ini dilakukan dengan baik dan menghindari antrian dan memperhatikan adanya calo di dalam penjualan tiket," tuturnya.
(jef/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com