Pengacara soal Bukti HRS Dicekal Pemerintah RI: Rahasia Antar Intelijen

Pengacara soal Bukti HRS Dicekal Pemerintah RI: Rahasia Antar Intelijen

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 09:39 WIB
Foto: Sugito Atmo Prawiro (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Sugito Atmo Prawiro (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Pengacara Habib Rizieq Syihab (HRS), Sugito Atmo Prawiro, mengakui kesulitan membuktikan bahwa pencekalan kliennya dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Sugito menyebut bukti pencekalan Habib Rizieq rahasia dan hanya dimiliki oleh intelijen Indonesia dan Arab Saudi.

"Saya meyakini itu (pencekalan HRS) sebenarnya dari pemerintah Indonesia itu dikirim ke intelijen Arab Saudi, itu kan bersifat rahasia. Jadi, kami sebagai pihak yang dirugikan itu, kalau misalnya kami bisa mendapatkan (bukti pencekalan oleh pemerintah Indonesia), kami bisa mempersoalkannya secara hukum. Kalau misalnya itu memang kami bisa mendapatkan (bukti) itu," kata Sugito kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).



Meski bersifat rahasia, Sugito tetap meyakini bahwa Habib Rizieq dicekal oleh pemerintah Indonesia. Dia mengatakan keyakinan itu muncul dari kejadian-kejadian yang dialami Habib Rizieq.

"Karena ini (pencekalan Habib Rizieq) bersifat rahasia antarintelijen, nggak ada yang tahu. Tapi kami bisa merasakan itu (dicekal oleh pemerintah RI)," sebutnya.

"Merasakannya apa? Habib Rizieq pada waktu mau pergi, visanya kan tiba-tiba dicekal bahwa ada persoalan hukum di Indonesia yang berbagai macam perkara, di antaranya yang terkait dengan Polda Metro atau yang terkait dengan Polda Jawa Barat, dan terkait laporan-laporan lainnya yang berjumlah kurang lebih 15," imbuh Sugito.




Mahfud soal 'Surat Cekal' HRS: Tidak Jelas, Bukan dari Pemerintah:


Selanjutnya
Halaman
1 2