Irjen Firli Tak Masalah Pegawai KPK Jadi ASN: Yang Penting Gaji Tak Turun

Irjen Firli Tak Masalah Pegawai KPK Jadi ASN: Yang Penting Gaji Tak Turun

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 15:23 WIB
Ketua KPK terpilih Firli Bahuri (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Ketua KPK terpilih Firli Bahuri (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Merujuk pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK atau UU KPK baru hasil revisi, para pegawai KPK akan berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Ketua KPK terpilih Firli Bahuri tidak memusingkan hal tersebut selain melaksanakannya.

"Prinsipnya kita ikuti seluruh aturan dan jangan pernah melanggar aturan," ucap Firli di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Firli enggan menanggapi perihal alih status pegawai KPK itu lebih dalam. Terlebih, KPK sebelumnya menyebut bila poin itu bisa berpotensi mengancam independensi KPK.

"Aku nggak mau merespons yang saya tidak tahu. Saya tidak mau berandai-andai karena memilih itu adalah hak, pindah alih status ASN silakan, yang mau terserah, jangan tanya saya, saya nggak bisa jawab," ujar Firli yang saat ini menjabat sebagai Kabaharkam Polri.

Bagi Firli, dirinya dan KPK adalah pelaksana UU. Dia menjamin tidak akan ada kebijakan aneh saat memimpin KPK nanti.




"Bukan kebijakan, tapi melaksanakan UU. Nggak ada kebijakan aneh-aneh, yang pasti seluruh pegawai harus tetap sejahtera, gaji nggak boleh turun. Itu yang penting," sebutnya.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sebelumnya mengaku telah bertemu dengan KPK untuk mendapatkan masukan terkait rencana alih status pegawai KPK jadi ASN. Tjahjo pun enggan berbicara lebih jauh soal rencana pengangkatan pegawai tersebut. Termasuk, soal isu adanya pegawai yang ingin pindah dari KPK lantaran beralih status menjadi ASN.

"Belum matang, tapi konsep, kami sudah ketemu dengan Sekjen KPK Pak Harefah, masukan para deputi juga sudah. Bertahap," kata Tjahjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/11).




Tonton juga video Alasan Firli Jadi Kabaharkam Sebelum Pimpin KPK: Berprestasi:

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/dhn)