ORI Harap Mendikbud Nadiem Responsif Jika Ada Temuan Masalah di Dikti

ORI Harap Mendikbud Nadiem Responsif Jika Ada Temuan Masalah di Dikti

Rahel Narda - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 13:36 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia menaruh harapan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Ombudsman berharap Nadiem responsif terkait temuan masalah di pendidikan tinggi (dikti).

"Dalam kesempatan kali ini Ombudsman Republik Indonesia sekali lagi meminta dan berharap ya, Pak Nadiem ya, untuk lebih responsif ya terhadap temuan Ombusman ini dan segera menindaklanjuti," kata Koordinator Pengampu Bidang Resolusi dan Monitoring Ombudsman, Ninik Rahayu, di Gedung Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).


ORI Harap Mendikbud Nadiem Responsif Jika Ada Temuan Masalah di DiktiKoordinator Pengampu Bidang Resolusi dan Monitoring Ombudsman, Ninik Rahayu (Rahel Narda/detikcom)

Ninik mengatakan Ombudsman sudah tiga kali memberikan rekomendasi terkait temuan masalah di pendidikan tinggi kepada menteri di kabinet pertama Presiden Joko Widodo--Menristekdikti. Untuk diketahui, di periode pemerintahan keduanya, Jokowi menggabungkan lagi persoalan pendidikan tinggi di bawah koordinasi Kemendikbud.

Ninik menyebutkan tiga persoalan pendidikan tinggi tersebut adalah tentang maladministrasi penyetaraan ijazah doktor S3 luar negeri, rektor yang diduga melakukan plagiasi, dan penanganan dugaan plagiat karya ilmiah. Menurutnya apabila tidak diselesaikan, masalah yang sama berpotensi terulang di masa depan.

Selanjutnya
Halaman
1 2