Hasil Tes Psikologi Penyiram Air Keras: Tak Benci Perempuan-Suka Game

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 23:42 WIB
Psikolog Kasandra Putranto. (Wildan/detikcom)
Psikolog Kasandra Putranto. (Wildan/detikcom)
Jakarta - Psikolog Kasandra Putranto sudah memeriksa secara intensif peneror penyiram air keras, Vindra Yuniko (29), di Jakarta Barat. Hasil pemeriksaan menyebutkan pelaku tidak memiliki kebencian kepada perempuan.

"Dari hasil pemeriksaan tidak ada secara spesifik kebencian ke perempuan. Artinya dia tidak punya ketertarikan khusus ke lawan jenis, dia lebih tertarik ke game," kata Kasandra di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/11/2019).



Kasandra menyebut tersangka memang tidak memiliki ketertarikan kepada wanita sejak kecil. Tersangka lebih memilih memainkan game ketimbang bersosialisasi.

Hasil pemeriksaan juga menyatakan tersangka memiliki keterbatasan kemampuan berkomunikasi, emosional, memiliki empati yang kurang, dan sangat agresif. Tersangka juga sangat sensitif dan merasa frustrasi hingga melampiaskan kekesalannya kepada orang lain.

"Dia ingin melampiaskan ke orang lain supaya orang lain bisa merasakan penderitaan yang dia rasakan. Dia suka lupa kemudian tidak mau pikir panjang, berusaha untuk menyelesaikan persoalan-persoalannya dengan cara yang sederhana, yang dia tidak pikirkan dampaknya," ungkap Kasandra.





Kasandra menuturkan tersangka tidak ada rasa kebencian terhadap perempuan meskipun korbannya kebanyakan wanita. Tersangka memilih korban dengan acak dan memilih wanita karena dinilai lemah.

Tersangka pun disebutnya melakukan aksi penyiraman secara sadar. Untuk itu, lanjut dia, tersangka masih mampu menjalankan proses hukum yang berlaku.

"Yang jelas yang bersangkutan sadar dan masih mampu menyadari perbuatannya," kata Kasandra.

"Motivasinya jelas melukai orang lain, menyakiti orang lain dengan harapan bisa berbagi penderitaan," kata Kasandra.



Seperti diketahui, teror air keras menghantui warga Jakarta Barat akhir-akhir ini. Selama sepekan terakhir ini, sudah 4 kali kejadian penyiraman air keras di wilayah Jakarta Barat yang dilakukan oleh tersangka Vindra Yuniko.

Tersangka berhasil ditangkap tim Polda Metro Jaya pada Jumat (16/11) pada pukul 18.30 WIB di wilayah Jakarta Barat. Hingga saat ini, proses pemeriksaan terhadap tersangka masih berlangsung. (sam/idn)