detikNews
2019/11/18 17:28:44 WIB

Polisi Tangkap 3 Terduga Teroris di Medan

Budi Warsito - detikNews
Halaman 1 dari 1
Polisi Tangkap 3 Terduga Teroris di Medan Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto (Khairul Ikhwan Damanik/detikcom)
Medan - Polisi kembali menangkap terduga teroris di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Kali ini ada tiga orang yang diciduk.

"Hari ini ada tiga orang jaringan yang berhasil kita tangkap. Berinisial C Bendahara dari kelompok ini, kemudian HB dan HI," ujar Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, Senin (18/11/2019).


Berdasarkan informasi yang dihimpun, penangkapan ini dilakukan di kawasan Belawan. Agus mengatakan mereka yang ditangkap diduga merupakan orang-orang yang sempat membuat janji bertemu dengan tiga terduga teroris lain yang sempat ditangkap.

"Ini adalah dua orang yang sebelumnya berjanji ketemu dengan tiga pelaku yang sempat lakukan perlawanan terjadi baku tembak dengan anggota," ujarnya.

Polisi sebelumnya telah menetapkan 46 tersangka terorisme pasca-aksi bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Para tersangka ditangkap di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.


Dari jumlah itu, 23 orang ditangkap di Sumatera Utara dan Aceh. Mereka diduga kelompok Jamaah Ansharut Daulhah (JAD).

"Untuk wilayah Sumut, ini yang memiliki keterkaitan langsung dengan jaringan JAD. Amirnya adalah Y. Jaringannya meliputi Sumut dan Aceh ada 23 orang. Dari 23 orang tersebut, 4 di antaranya menyerahkan diri. Kemudian 2 orang dilakukan tindakan tegas dan terukur oleh aparat Densus 88," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (18/11).



Tonton juga video Usai Bom Medan, Polisi Tetapkan 46 Orang Tersangka:

[Gambas:Video 20detik]




(haf/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com