Temui Ma'ruf Amin, Dubes Myanmar Kirim Undangan-Bahas Repatriasi Rohingya

Temui Ma'ruf Amin, Dubes Myanmar Kirim Undangan-Bahas Repatriasi Rohingya

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 16:37 WIB
Duta Besar (Dubes) Myanmar untuk Indonesia, Ei Ei Khin Aye (M Fida Ul Haq/detikcom)
Duta Besar (Dubes) Myanmar untuk Indonesia, Ei Ei Khin Aye (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Duta Besar (Dubes) Myanmar untuk Indonesia, Ei Ei Khin Aye, mengundang Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin untuk berkunjung ke Myanmar. Dalam pertemuan tersebut repatriasi Rohingya juga dibahas.

"Saya telah menyerahkan undangan dari Wapres Myanmar di mana ketika ia berkunjung ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres untuk mengunjungi Myanmar (wapres RI)," kata Khin Aye di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019).

Khin Aye menuturkan membahas juga kerja sama bilateral antara Indonesia dan Myanmar. Meski terbilang kecil, dia berharap kerja sama ekonomi semakin meningkat.


"Secara umum kami membahas mengenai hubungan bilateral bagi kunjungan kenegaraan. Serta, kami juga fokus pada pembahasan mengenai kerja sama ekonomi. Kerja sama di sektor perdagangan sekarang mencapai 1 miliar USD," tuturnya.

Selain itu, Khin Aye juga menyinggung masalah repatriasi Rohingya. Dia mengatakan proses repatriasi bagi etnis Rohingya akan berjalan aman.

"Kami telah menjanjikan tentang keamanan bagi mereka, tapi masalahnya adalah kapan repatriasi akan dimulai. Di mana repatriasi itu akan dimulai saya rasa tergantung pada lebihnya kesepahaman. Bukan justru membuat lebih banyak permintaan. Karena, jika mereka meminta bagi status kewarganegaraan atau apapun, maka itu akan lebih menyulitkan bagi Myanmar," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2