Kadishub DKI: Lelang ERP Digelar 2020, Operasional Paling Lambat 2021

Kadishub DKI: Lelang ERP Digelar 2020, Operasional Paling Lambat 2021

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 15:55 WIB
Ilustrasi ERP (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Ilustrasi ERP (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Jakarta - Proses penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di DKI Jakarta disebut masih berjalan sesuai target. Lelang untuk peralatan ERP rencana digelar pada 2020 dan operasionalnya paling lambat tahun 2021.

"Tentu akan ada Perda terkait dengan ERP kita harapkan semuanya tahun depan ter-deliver dengan baik sehingga tahun depan kita juga akan melaksanakan lelang sekaligus proses pembangun tahun 2020, dan operasional kita harapkan paling lambat 2021 sesuai dengan Ingub 66 (Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara)," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (18/12/2019).



Menurut Syafrin, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyelesaikan kajian akademis. Kajian itu untuk syarat memasukkan rencana peraturan daerah (Perda) ke DPRD DKI Jakarta.

"Sedang dalam proses naskah akademisnya, belum proses verbal. Tahun depan baru program legislasi daerah atau ke (DPRD)," ucap Syafrin.

Syafrin belum menjelaskan lokasi mana saja yang akan dikenakan ERP di DKI Jakarta. Namun, jalan-jalan protokol di Jakarta dinilainya layak dipasang ERP.

"Kalau di Jakarta, (sesuai) PP 32 tahun 2011, seluruh ruas jalan protokol kita sudah layak ERP ditinjau dari empat aspek, kecepatan, visio rasio, dilayani angkutan umum, lingkungan. Kalau dari kecepatan di bawah 30 kilometer per jam kecuali sekarang setelah ganjil genap hasil evaluasi 31 kilometer, sedikit naik dari 25 kilometer," kata Syafrin.



Sebelumnya, BPTJ mengatakan ERP akan dioperasikan di sejumlah daerah Jabodetabek pada 2020. Salah satunya adalah di Jalan Margonda, Depok.

"BPTJ bertanggung jawab di ruas jalan nasional, sedangkan pemerintah provinsi dan kabupaten di jalan daerah masing-masing. Jalannya untuk yang nasional adalah Margonda, Depok, dan Tangerang," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono seperti dilansir Antara, Jumat (15/11).




Simak juga video Kebijakan ERP Gantikan Ganjil-Genap, Diberlakukan Akhir 2019:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/haf)