Gandeng Pemprov, Grab Resmikan 6 Km Jalur Sepeda Area Senayan-GBK

Yakob Arfin - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 14:46 WIB
Foto: Yakob Arfin
Foto: Yakob Arfin
Jakarta - Dalam rangka Program Peningkatan Mutu Jalur Sepeda untuk Alat Mobilitas Pribadi (AMP), Grab menjalin kerja sama dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Sebagai tahap awal kerja sama tersebut, keduanya akan meningkatkan mutu jalur sepeda di area Senayan dan Gelora Bung Karno sepanjang 6 kilometer mulai November 2019.

"Grab memahami bahwa saat ini, minat masyarakat terhadap alat mobilitas pribadi semakin meningkat. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan positif yang kami lakukan minggu lalu, Grab dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan bekerja sama dalam meningkatkan ekosistem AMP yang aman bagi semua pengguna," kata Head of Public Affair Grab Indonesia Tri Sukma Anreianno kepada wartawan, Senin (18/11/2019).

Lebih lanjut Tri mengungkapkan kemitraan tersebut sejalan dengan amanat Instruksi Gubernur DKI Jakarta nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Grab dan Pemprov DKI Jakarta akan melakukan peningkatan mutu jalur sepeda, sehingga dapat menjadi jalur yang mendukung pengguna alat mobilitas pribadi bagi masyarakat.


"Kami juga siap mendukung rencana pemerintah untuk membuat peraturan yang akan lebih menjamin keamanan pengguna AMP, kesejahteraan para mitra dan memungkinkan Grab untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia secara efektif," kata Tri.

Sementara itu Kepala Bidang Departemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Priyanto mengatakan terkait kerja sama tersebut fokusnya adalah memisahkan antara sepeda dan pengguna personal mobility device.

"Saat ini kita fokusnya adalah bagaimana memisahkan antara sepeda dengan personal mobility device. Nah untuk yang sepeda itu sudah diatur dalam sejumlah peraturan-peraturan. Sementara untuk yang di luar sepeda seperti alat angkut perorangan, itu yang akan kita atur selanjutnya," kata Priyanto.


Dalam kesempatan yang sama, Priyanto menjelaskan dalam tahap awal kerja sama ini untuk sementara jalur ini bersamaan dengan jalur sepeda di trotoar. "Makanya tadi saya katakan ini nanti ada dua jalur, satu untuk yang sepeda dan satu untuk alat mobilitas pribadi," tuturnya.

Adapun, kerja sama dalam peningkatan mutu jalur pesepeda di area Senayan dan gelora Bung Karno sepanjang 6 kilometer ini, ditandai dengan pemotongan pita hijau oleh Tri Sukma Anreianno (Head of Public Affair Grab Indonesia) dan Priyanto (Kepala Bidang Departemen Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta) di pelataran Trotoar FX Senayan yang terjalin antara Grab dengan Pemprov DKI Jakarta.

Pada saat yang sama, Grab juga menyampaikan tiga program inisiatif keamanan terbaru untuk GrabWheels yang akan melengkapi inisiatif keamanan yang telah diterapkan sebelumnya.




Simak juga video Demam Skuter Listrik, Wajib Tahu Aturan Aman Mengendarainya!:

[Gambas:Video 20detik]

(ujm/prf)