Sidang Suap Antar-BUMN

Cerita Sopir Eks Dirkeu PT AP II Selalu Diajak Selfie Tiap Terima Duit

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 14:16 WIB
Suasana persidangan perkara suap antar-BUMN di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Endang mengaku beberapa kali menerima amplop cokelat berisi uang untuk bosnya, Andra Y Agussalam, yang saat itu masih aktif sebagai Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II (PT AP II). Uang itu diterima Endang yang merupakan sopir Andra dari seorang bernama Andi Taswin Nur.

"Saya tidak membuka (amplopnya) jadi saya tidak tahu (isinya). Bentuknya amplop cokelat tapi saya kira itu isinya uang," kata Endang dari kursi saksi di dalam ruang sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019).




Dalam persidangan itu Andi Taswin duduk sebagai terdakwa. Dia didakwa menjadi perantara suap dari Darman Mappangara ke Andra Y Agussalam. Darman merupakan Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT Inti).

Kembali pada kesaksian Endang. Dia mengaku kenal Andi Taswin dari rekannya sesama sopir bernama Endang Suherman yang tak lain adalah sopir Darman. Amplop cokelat yang diterima Endang diketahui berasal dari Darman untuk Andra melalui tangan Andi Taswin.

Jaksa KPK lantas memutar rekaman percakapan antara Andi Taswin dengan Endang. Berikut isinya:




Andi Taswin: He eh, saya dapat nomer dari Bapak dari e....drivernya Pak Darman
Endang: Darman, iya betul
Andi Taswin: Iya
Endang: He eh
Andi Taswin: He eh, bilangin bapak ya
Endang: He eh
Andi Taswin: Bukunya lagi proses ya...
Endang: He eh

Selanjutnya
Halaman
1 2