Kampus UIII Mulai Beroperasi September 2020

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 13:50 WIB
Foto: Ilustrasi kampus UIII (Kementerian PUPR)
Foto: Ilustrasi kampus UIII (Kementerian PUPR)
Jakarta - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) akan mulai beroperasi pada September 2020. Nantinya, akan dibuka beasiswa untuk mahasiswa dari luar negeri untuk belajar.

"September (kegiatan belajar). Jadi proses pendaftaraannya sejak Februari itu sudah mulai. Ada online registration, ada verifikasi, seleksi macam-macam minggu pertama September 2020 sudah kuliah. Dosennya juga dari luar negeri ada sekitar 7-10 orang," kata Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Komaruddin Amin, Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019).


Komaruddin mengatakan fakultas studi Islam merupakan yang paling siap. Dia menuturkan ada dosen dari luar negeri diundang juga untuk mengajar.

"Jadi yang paling siap itu studi Islam. Jadi Islamic Studies yang akan mengintegrasikan atau mengkombinasikan tradisi kesarjanaan yang ada di beberapa negara. Misalnya studi Islam yang ada di Timur Tengah," jelasnya.


Persentase mahasiswa, menurut Komaruddin, ada 60-40 persen. Maksudnya, 60 persen mahasiswa lokal dan 40 persen mahasiswa asing.

"Sementara ini kita asumsikan sekitar 60-40 persen. Jadi 40 persen mahasiswa asing, 60 persen mahasiswa domestik. Beasiswanya sudah kita upayakan untuk memberi beasiswa ke mahasiswa asing juga," jelasnya.


Pada tahun pertama ada 250 mahasiswa S2, dan 50 mahasiswa S3. Komaruddin mengatakan tahun pertama UIII hanya untuk mahasiswa Pascasarjana.

"Sekitar 250 S2, 50 S3 jadi hanya pascasarjana. Jadi untuk pertama 250, master degree kemudian doctoral degree sekira 50 orang," jelasnya. (fdu/gbr)