detikNews
Senin 18 November 2019, 13:28 WIB

Paloh Bicara Amandemen UUD Menyeluruh, Istana: Jokowi Setia Hukum Positif

Andhika Prasetia - detikNews
Paloh Bicara Amandemen UUD Menyeluruh, Istana: Jokowi Setia Hukum Positif Stafsus Presiden Fadjroel Rachman (Andhika/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut Ketum NasDem Surya Paloh sempat bicara soal amandemen UUD 1945 secara menyeluruh. Istana mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setia pada hukum positif.

"Pak Jokowi pada prinsipnya akan setia pada semua hukum positif peraturan perundang-undangan, termasuk UUD '45 sampai perundang-undangan ke bawah sepanjang itu jadi hukum positif itu saja yang dipegang oleh pemerintah," kata Stafsus Presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019).


Hukum positif merupakan hukum yang sedang berlaku atau sedang berjalan, tidak termasuk hukum di masa lalu. Fadjroel menyebut pihak pemerintah belum ada pembicaraan di luar hukum positif.

"Di luar itu kami tidak membicarakan. Jadi kami hanya menjalankan apa yang menjadi hukum positif di sini dari Pancasila, UUD '45, sampai peraturan perundangan yang ada," katanya.


Bamsoet sebelumnya mengatakan Paloh menyampaikan soal amandemen menyeluruh. Namun amandemen menyeluruh itu tidak akan diwujudkan secara sembrono.

"Bang Surya tadi menyampaikan amandemen menyeluruh yang mengevaluasi berdasarkan daftar isian masalah kita sebagai bangsa dan negara. Dari mulai preambul pembukaan sampai pasal demi pasalnya mana-mana sajanya yang perlu kita amandemen, ubah, sesuai dengan kebutuhan bangsa kita," kata Bamsoet di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (13/11).

"Tapi tidak boleh gampangan, harus betul-betul cermat. Kalau memang kita mau ubah konten, ubah sesuai dengan kebutuhan bangsa. Tidak boleh mengada-ada," ucap Bamsoet.



Tonton juga video Ada Bamsoet di DPP NasDem, Bahas Apa?:

[Gambas:Video 20detik]




(dkp/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com