Arab Saudi Klarifikasi Soal 'Keamanan HRS di Luar Saudi Tak Terjamin'

Arab Saudi Klarifikasi Soal 'Keamanan HRS di Luar Saudi Tak Terjamin'

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 17:44 WIB
Ilustrasi Fokus Habib Rizieq Dicekal? (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Ilustrasi Fokus 'Habib Rizieq Dicekal?' (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta - Isu tertahannya Habib Rizieq Syihab di Arab Saudi menjadi perbincangan. Beredar informasi, Duta Besar Arab Saudi khawatir akan keamanan Rizieq bila Rizieq keluar dari Saudi. Merespons hal itu, Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia mengklarifikasi bahwa pernyataan yang berkaitan dengan Rizieq adalah pernyataan lama.

"Merujuk pada tersebarnya pemberitaan oleh sejumlah media di Indonesia dan media sosial akhir-akhir ini, yang mengutip pernyataan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia terdahulu H.E Osama bin Mohammad Alshuaibi terkait WNI a/n Habib Rizieq Shihab, bersama ini Kedubes menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan pernyataan lama yang pernah disampaikan oleh Dubes terdahulu dan tidak mencerminkan sikap Kedutaan pada perihal dimaksud," demikian pernyataan tertulis Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Kamis (14/11/2019).



Osama bin Mohamad Alshuaibi kini sudah tidak menjabat Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia. Kini posisi Dubes Saudi untuk RI diisi pejabat yang baru.

"Disampaikan pula, bahwa Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia saat ini adalah H.E Esam Abid Althagafi," kata Kedubes Saudi untuk RI.



Ada informasi yang memuat pernyataan pihak Rizieq, mengutip secara tidak langsung keterangan Dubes terdahulu, Osama bin Mohammad Alshuaibi.

Dikatakan dalam informasi yang beredar di media sosial itu, pihak Saudi dinyatakan pihak Rizieq khawatir akan keamanan Rizieq bila Imam Besar FPI tersebut keluar dari Saudi. Ternyata pernyataan yang dikutip itu adalah pernyataan lama dan tidak mencerminkan sikap Kedubes Saudi untuk RI.
Selanjutnya
Halaman
1 2