Zulhas Ungkap 4 Caketum PAN: Bima Arya, Hanafi Rais, Asman Abnur, Mulfachri

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 11:54 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Nur Azizah/detikcom)
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - PAN akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) bulan depan. Rakernas digelar untuk menentukan jadwal Kongres PAN.

"Jadi kami akan rakernas dulu nanti tanggal 6 Desember, rakernas PAN untuk memutuskan kapan kongres, nah diperkirakan bulan Maret. Rakernasnya tanggal 6 Desember memutuskan kongres kira-kira akan dilaksanakan bulan Maret (2020)," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Sejumlah nama pun muncul sebagai kandidat calon ketua umum (caketum) PAN. Zulkifli menyebut eks MenPAN-RB Asman Abnur hingga Waketum PAN Hanafi Rais, yang juga putra Amien Rais, akan menjadi kandidat caketum PAN.
"Kandidat sudah banyak sekarang, ada mantan menteri, Pak Asman Abnur; ada mantan Ketua Fraksi, Mulfachri Harahap; ada Hanafi Rais; ada Bima Arya. Itu yang muncul," ungkapnya.

Zulkifli mengatakan dirinya juga memperoleh dukungan dari sejumlah DPW PAN untuk kembali menduduki kursi Ketum PAN. Soal keputusan maju-tidaknya dirinya dalam perebutan kursi Ketum, Zulkifli mengaku akan mengikuti amanah DPW partai.

"Saya banyak DPW yang minta, nah kita patuh kepada perintah DPW saja. Ada beberapa banyak DPW yang minta. Kader itu kalau sudah diperintah tidak ada kata tidak, siap saja gitu (untuk maju lagi sebagai ketum)," ujar Zulkifli.




Zulkifli menyebut PAN sebagai partai yang lahir dari reformasi mengedepankan sikap demokratis dan berkampanye positif. Ia berharap semua kandidat caketum PAN mampu bersaing secara terbuka untuk memajukan partai.

"Semua kandidat kita hormati, kita kampanyenya nanti kampanye positive campaign. Karena ini persaingan internal, semua berniat baik untuk memajukan partai, terbuka, transparan, adil, dilaksanakan sebaik-baik mungkin, secara sedemokratis mungkin. Tetapi andai kata nanti ada musyawarah mufakat, itu juga bagus gitu," ucapnya.


Selain memilih ketua umum baru, PAN akan membahas persiapan untuk Pilkada 2020. Zulkifli mengatakan ada banyak program yang disiapkan PAN untuk berkompetisi antarpartai.

"Ya tentu ya, pilkada banyak, apa namanya, persiapan juga. Kan rakernas itu atau kongres itu tidak hanya memilih ketua, banyak program kita. Sekarang sudah dimulai kompetisi antarpartai politik bersaing untuk kebaikan. Kompetisi dalam artian positif ya. Sudah ramai, kadang-kadang, kemarin pelukan aja jadi ramai kan. Tentu banyak hal yang akan dibahas nanti," pungkasnya. (azr/jbr)