detikNews
Rabu 13 November 2019, 15:38 WIB

Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Bamsoet: Melukai Hati Bangsa

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Bamsoet: Melukai Hati Bangsa Ketua MPR Bamsoet (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
FOKUS BERITA: Bom Bunuh Diri di Medan
Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan ucapan duka atas kejadian bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Menurutnya, peristiwa ini melukai hati bangsa.

"Kami turut prihatin dan berduka cita terhadap apa yang terjadi di Polrestabes Medan dan ini melukai hati kita sebagai bangsa," kata Bamsoet di Kantor DPP Partai Nasdem, Jalan RP. Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019).


Bamsoet mengatakan isu radikalisme menjadi PR besar negara. Salah satu caranya, menurut dia, yakni mencarikan pemahaman kebangsaan yang berbasis Pancasila.

"Ini yang juga menjadi salah satu PR besar yang harus kita jawab dan harus dicarikan jalan keluarnya tentang paham kebangsaan kita dengan berbasis filosofi Pancasila," ujar Bamsoet.

Bamsoet sendiri belum mendapat konfirmasi soal pelaku ledakan bom di Medan. Dia mengatakan sampai saat ini polisi masih melakukan penyelidikan.


"Apakah itu bom bunuh diri ataukah itu bom bunuh orang. Ini yang masih kita gali. Pelakunya ojek, bisa saja dia hanya menerima titipan atau dikendalikan dari jarak jauh. Ini masih dalam penyelidikan," ucap Bamsoet.

Ledakan di Polrestabes Medan terjadi sekitar pukul 08.45 WIB. Ledakan ini diduga berasal dari bom bunuh diri. Pelaku bom bunuh diri diduga mengenakan atribut ojek online. Pelaku tewas di lokasi.




Istana soal Bom Medan: Persoalan Radikalisme Tidak Bisa Diabaikan:

[Gambas:Video 20detik]




(idn/idn)


FOKUS BERITA: Bom Bunuh Diri di Medan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com