detikNews
Rabu 13 November 2019, 13:15 WIB

Sidak, Peternak Ketahuan Gunakan LPG 3 Kg Buat Penghangat Ayam

Yakob Arfin Tyas Sasongko - detikNews
Sidak, Peternak Ketahuan Gunakan LPG 3 Kg Buat Penghangat Ayam Foto: Pertamina
Jakarta -

Sejumlah peternak ayam di Kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendapat giliran inspeksi mendadak (Sidak) dari Pemerintah Daerah Garut, bersama dengan PT Pertamina (Persero) dan Hiswana Migas.

Unit Manager Comrel & CSR Marketing Operation Region III Dewi Sri Utami mengatakan pada sidak kali ini ditemukan penyalahgunaan pemakaian LPG subsidi 3 kg.

Diketahui peternak ayam menggunakan LPG subsidi sebagai bahan bakar alat penghangat bagi anak ayam. Sementara itu sebagai barang subsidi, peruntukan LPG 3 Kg yang diatur dalam Permen ESDM Nomor 26/2009 dikhususkan untuk masyarakat prasejahtera dan usaha mikro.

"Pada sidak ini, kami menyampaikan untuk kebutuhan industri sekelas peternakan diharapkan dapat menggunakan LPG nonsubsidi yakni Bright Gas 5,5 kg, 12 kg, atau 50 kg," kata Dewi dalam keterangan tertulis, Rabu 13/11/2019).

Dengan langkah persuasif, Pertamina bersama Hiswana Migas serta Pemda Garut memberikan sosialisasi penggunaan LPG (liquefied petroleum gas) tepat sasaran sekaligus melakukan program penukaran (trade-in) LPG subsidi 3 kg menjadi LPG nonsubsidi Bright Gas.

Peternak ayam dapat menukarkan tabung LPG subsidi 3 kg dengan LPG Bright Gas cukup dengan membayar harga isi ulang sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Dewi menambahkan penggunaan LPG nonsubsidi untuk penghangat di peternakan mempunyai beberapa keunggulan, yakni lebih efisien dalam operasional karena isinya lebih banyak dengan harga kompetitif, serta kemudahan akses layanan pembelian.

"Pemesanan Bright Gas bisa dilakukan melalui Pertamina Contact Center 135, dimana nanti agen LPG di wilayah Garut dapat memberi layanan antar kepada konsumen. Selain itu, LPG Bright Gas dapat ditemui di beberapa outlet dan SPBU Pertamina," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Hiswana Migas DPC Garut Hidayatullah juga mengatakan pihaknya sebagai pengusaha agen LPG fokus menyalurkan LPG subsidi agar tepat sasaran kepada masyarakat miskin.

Beberapa perwakilan instansi Pemda Garut yang turut hadir pada sidak yakni dari Sekretaris Daerah, Dinas Perindustrian & Perdagangan, Asda II, Satpol PP serta agen LPG nonsubsidi.




(mul/ega)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com