Bos Travel Umrah yang Tipu Puluhan Calon Jemaah Jaring Korban di Pengajian

Bos Travel Umrah yang Tipu Puluhan Calon Jemaah Jaring Korban di Pengajian

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 22:01 WIB
Foto: dok.istimewa
Foto: dok.istimewa
Tangerang - Seorang bos travel umrah, Arbiya alias Yaya ditangkap polisi atas dugaan penipuan puluhan calon jemaah. Polisi menyebut tersangka menjaring para korban dalam kegiatan pengajian.

"Tersangka bertindak seolah-olah sebagai PPIU dengan merekrut calon jemaah umrah melalui keikutsertaan pada pengajian dan kemudian menerima uang guna pengurusan keberangkatan umrah, padahal yang bersangkutan tidak memiliki izin serta persyaratan lain untuk memberangkatkan perjalanan umrah," kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Arie Ardian dalam keterangan, Selasa (12/11/2019).

Hal senada diungkap oleh Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Alexander Yurikho. Alex mengatakan, pelaku selama ini mengikuti banyak pengajian untuk mencari korban.

"Selama ini yang bersangkutan menjadi perantara jemaah yang mau umrah dengan mengarahkan pada agen perjalanan resmi dengan keinginan mendapat keuntungan lebih, yang bersangkutan tanpa melalui pengurusan izin dan sebagainya, memberanikan diri menerima pendaftaran calon jemaah umrah," jelas Alex.

Alex menyebut, tersangka sama sekali tidak memiliki PPIU. Bahkan, perusahaannya PT Duta Adhikarya Bersama tidak terdaftar.

"Perusahaan travelnya saja tidak terdaftar di DPMPTSP Kota Bontang," ungkapnya.

Sejauh ini total ada 45 orang korban asal Bontang. Total kerugian para korban mencapai Rp 1 miliar.

"Korban rata-rata diminta Rp 20-24 juta untuk perjalanan umrah," tuturnya.

Kasus ini terungkap setelah sebelumnya 45 calon jemaah terkatung-katung di Bandara Soekarno-Hatta. Para calon jemaah yang dijanjikan berangkat pada 1 Oktober 2019, batal berangkat ke Tanah Suci.

Halaman

(mea/mea)