PAN Akui Komunikasi ke NasDem dan Sejumlah Partai tapi Tak Terkait Pilpres

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 19:45 WIB
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - PAN mengakui ada komunikasi dengan Partai NasDem, namun menampik jika itu terkait dengan Pilpres 2024. PAN juga mengakui telah berkomunikasi dengan partai lain selain NasDem.

"Nggak (penjajakan untuk Pilpres 2024), kita memang telah bicara dengan teman-teman NasDem, tapi kita juga bicara dengan partai lain. Dan itu merupakan bagian dari komunikasi politik yang kita jalani. Apalagi sekarang ya agak lumayan intensif dalam rangka pilkada serentak," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di Sekretariat PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).


"Di sela-sela pembicaraan pilkada serentak, itu juga ada pembicaraan terkait silaturahmi, antara kita dengan PDIP, NasDem dengan PAN, termasuk juga dengan partai-partai lain," imbuhnya.

Menurut Eddy, silaturahmi antar-partai politik adalah budaya yang sehat. Eddy mengatakan PAN akan menerima kunjungan NasDem dengan tangan terbuka.

"Jadi, kalaupun ada rencana kunjungan NasDem ke PAN, saya kira itu kita sambut dengan tangan terbuka, dengan pintu terbuka. Tetapi ada juga ada pembicaraan dengan partai lain karena kami akan memberikan perlakuan yang sama," ujar Eddy.



Silaturahmi antar-parpol itu disebut Eddy juga dilakukan untuk menyamakan persepsi. Yang terpenting, menurutnya, tetap mendahulukan kepentingan publik.

"Jadi saya kira ini bagian dari sebuah tradisi demokrasi yang sangat baik, saling silaturahmi, dan saling menyamakan persepsi. Asal kepentingannya dan tujuan utamanya adalah kita mendahulukan dan mengutamakan kepentingan publik," ucapnya.

Terkait pelukan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum NasDem Surya Paloh, Eddy melihatnya sebagai hal yang positif. Menurutnya, pelukan itu membawa pesan yang teduh dan nyaman kepada publik.

"Pokoknya kita lihat segala sesuatu yang baik, yang teduh, yang membawa kenyamanan bagi publik, saya kira itu positif untuk ditanggapi. Apa pun maknanya, tetapi tandanya itu sudah positif. Jadi apa pun yang baik-baik tentu kita juga merasa senang," tutur Eddy.


Pertemuan NasDem dengan PAN sebelumnya juga sempat disampaikan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Sumatera 2 Partai NasDem Willy Aditya. Pertemuan itu, kata Willy, akan berlangsung pada akhir November ini.

"Informal saya udah sepakat sama Mas Eddy (Sekjen PAN Eddy Soeparno), udah komunikasi sama Pak Zul, akhir November. Karena kami masih menyusun harus selesai kongres. Ini sekarang kan NasDem sedang fokus soal kongres," ujar Willy, Rabu (6/11).

"(Membahas) pilkada. (Pilpres) belum, masih jauh, Belanda masih jauh. Masih penjajakan lah, figurnya kan juga belum ada segala macam, masih jauh lah itu," imbuhnya. (azr/rvk)