detikNews
Selasa 12 November 2019, 18:52 WIB

Komisi II Ingatkan Pemekaran Papua Jangan untuk Kepentingan Elite Politik Lokal

Mochamad Zhacky - detikNews
Komisi II Ingatkan Pemekaran Papua Jangan untuk Kepentingan Elite Politik Lokal Saan Mustopa (Mochamad Solehudin/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa mengingatkan satu hal terkait wacana pemekaran wilayah di Papua. Saan mengatakan jangan sampai wacana pemekaran wilayah di Papua hanya untuk kepentingan sejumlah elite politik setempat.

"Saya memberikan catatan bahwa ketika ada DOB (daerah otonomi baru) itu yang harus dihitung itu, jangan sampai pertimbangannya hanya untuk akomodasi kepentingan-kepentingan politik elite-elite lokal yang mereka tersisih," kata Saan saat ditemui di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).



Saan mengaku khawatir wacana pemekaran daerah di Papua malah dimanfaatkan oleh oknum. Dengan begitu, sebut dia, semangat pemekaran bukan soal pemerataan pembangunan.

"Dia (oknum) menggunakan isu pemekaran daerah hanya untuk menampung kepentingan politik elite-elite lokal semata. Jadi bukan orientasinya kesejahteraan, bukan orientasinya pembangunan, pemerataan," jelasnya.



Diberitakan sebelumnya, Komisi II DPR menggelar rapat pendapat umum (RDPU) dengan sejumlah pihak, salah satunya Ketua Tim Pemekaran Bogoga, Kabupaten Tolikara, Papua, Dewa Manimbo. Dalam RDPU, Dewa menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah merespons keinginan warga Bogoga untuk pemekaran.

"Saat ini pemekaran tak bisa kasih di Papua. Kami sudah lengkapi syarat-syarat apa pun. Presiden pun sudah oke, kasih disposisi. Mendagri pun sudah oke, sudah kasih disposisi. Menko Polhukam sudah keluarkan rekomendasi. Lampiran dengan masing-masing," ujar Dewa di ruang rapat Komisi II DPR, kompleks parlemen, siang tadi.


Simak juga video "Tradisi Bakar Batu, Budaya Kuliner Pegunungan Tengah Papua" :

[Gambas:Video 20detik]


(zak/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com