detikNews
Selasa 12 November 2019, 16:23 WIB

Kapolri Temui Menteri LHK Bahas Penanganan Karhutla

Audrey Santoso - detikNews
Kapolri Temui Menteri LHK Bahas Penanganan Karhutla Foto: Dok. Divisi Humas Polri
Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Keduanya membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta limbah yang mencemari lingkungan.

"Sebagai Kapolri baru, sudah sepantasnya saya bersilahturahmi, menjalin komunikasi dengan Ibu Menteri dan jajarannya," kata Idham dalam keterangan tertulis, Selasa (12/11/2019).


Pertemuan antara Idham dan Siti berlangsung di gedung Kementerian LHK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, hari ini, pukul 11.00 WIB. Idham menuturkan, dalam bencana karhutla, nasib warga yang terkena dampak asap menjadi perhatian utama.

"Polri dan Kementerian LHK sudah bahu-membahu dan berkoordinasi intens atas kejadian kebakaran hutan dan lahan. Kita tahu bersama karhutla sudah menjadi isu global terkait perubahan iklim bumi, tapi yang utama tetaplah warga, masyarakat yang terkena dampak menjadi perhatian kita bersama," sambung Idham.


Keduanya sepakat meningkatkan kerja sama penyelesaian kejahatan kebakaran hutan, penebangan liar, perburuan satwa dilindungi, serta pencemaran limbah industri. Terkhusus masalah karhutla, keduanya berkomitmen bisa mengatasi bencana tersebut mulai dari sistem peringatan dini, langkah-langkah antisipatif, sampai penegakan hukum.

"Polri dan Kementerian LHK terus berusaha agar karhutla untuk bisa diatasi, mulai dari sistem peringatan dini, langkah-langkah antisipatif, dan penegakan hukum. Hal-hal lain yang bersinggungan dengan tugas Polri akan kami mantapkan," ujar Idham.


Sebelumnya, Idham melakukan kunjungan serupa ke beberapa kementerian dan lembaga setelah dilantik menjadi Kapolri. Kunjungan pertama Idham setelah dilantik di Istana Negara adalah ke Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, kemudian ke para kepala staf TNI dan Ketua KPK Agus Rahardjo.



Simak juga video "Ditugasi Jokowi Jadi Kapolri, Idham Azis: Ibarat Main Gaple, Ini Bala Kosong" :

[Gambas:Video 20detik]


(aud/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com