Sidang Praperadilan Mantan Anggota DPR I Nyoman Dhamantra Diputus Hari Ini

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 06:50 WIB
Foto: Yulida Medistiara/detikcom
Jakarta - Sidang putusan praperadilan yang diajukan mantan anggota DPR I Nyoman Dhamantra terkait kasus suap impor bawang putih akan digelar hari ini. Hakim akan membacakan putusan tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Agenda sidang pukul 10.00 WIB," kata anggota biro hukum KPK, Evi Laila, saat dihubungi, Selasa (12/11/2019).

Pada sidang sebelumnya pihak pengacara Dhamantra maupun KPK telah menyampaikan kesimpulan terkait permohonan gugatan tersebut. Pengacara Dhamantra, Fahmi Bachmid, yakin hakim mengabulkan gugatannya. Penetapan tersangka hingga proses penyidikan KPK dianggap tak sesuai prosedur karena pemohon tidak pernah diperiksa sebagai calon tersangka.



"Seseorang menjadi tersangka harus terlebih dahulu di lakukan proses pemeriksaan sebagai calon tersangka, bukan tiba-tiba dan bukan bersamaan dengan terbitnya Sprindik sudah dicantumkan nama pemohon I Nyoman Dhamantra sebagai tersangka," tutur Fahmi.

Sementara itu, anggota tim biro hukum KPK Togi Sirait yakin proses hukum yang dilakukan KPK dari mulai penyelidikan, penyidikan hingga penahanan sesuai prosedur. Ia meyakini tindakan KPK terhadap pemohon sesuai undang-undang, tidak dilakukan secara serampangan.

Dalam kesimpulannya, KPK meminta hakim menolak gugatan permohonan Dhamantra. Serta meminta hakim menyatakan penetapan tersangka KPK atas Dhamantra sah.


Sebelumnya, dalam kasus dugaan suap impor bawang putih ini, ada enam orang yang ditetapkan KPK sebagai tersangka, yaitu:

1. CSU alias Afung (Chandry Suanda) pemilik PT Cahaya Sakti Agro
2. DDW (Doddy Wahyudi) swasta
3. ZFK (Zulfikar) swasta

Tersangka penerima:

a. INY (I Nyoman Dhamantra) Anggota DPR 2014-2019
b. MBS (Mirawati Basri) orang kepercayaan INY
c. ELV (Elviyanto) swasta. (yld/aan)