detikNews
2019/11/10 21:43:55 WIB

Menag: Urus Zakat Modal Utama Ibadah, Kalau Pikir Keuntungan Berhenti Saja

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menag: Urus Zakat Modal Utama Ibadah, Kalau Pikir Keuntungan Berhenti Saja Foto: Menag Fachrul Razi (Sachril Agustin-detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan pengelolaan zakat di Indonesia telah berjalan dengan baik. Dia pun mengingatkan para pengelola zakat tidak berpikir untuk mencari keuntungan.

"Saya kira semua sepakat kalau urus zakat, modal utama ibadah. Tidak pernah ada keuntungan yang bisa didapat. Kalau masih ada yang berpikir seperti itu, sebaiknya berhenti saja jadi pengurus zakat," kata Fachrul dalam acara 'Malam Penganugerahan Zakat dan Wakaf 2019' di Royal Kuningan Hotel, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2019).



Fachrul kemudian bicara tentang orang-orang yang masih enggan membayar zakat padahal hukumnya wajib. Menurutnya, ada beberapa alasan dari orang-orang yang enggan membayar zakat.

"Satu mungkin tidak tertangguh, sayang uangnya gitu. Atau yang paling banyak, mungkin karena tidak tau bagaimana melakukannya (membayar zakat). Atau yang ketiga, tidak percaya. 'Itu panitia zakat betul-betul sampai nggak saya bayar zakat itu. Jangan-jangan ke mana-mana perginya'," tutur dia.

Dia meminta para pengelola zakat untuk menjaga kepercayaan. Tujuannya, agar umat muslim yang mau membayar zakat tidak ragu.

"Sehingga lebih banyak pembayar zakat yang setia, akhirnya mencari sendiri ke mana dia bayar zakatnya itu dan hasilnya tentunya tidak efektif. Betul manfaat, tapi hanya terbatas saja dan belum tentu dapat dipertanggungjawabkan," ujar Fachrul.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com