detikNews
2019/11/10 14:31:38 WIB

Memahami Meme

Richard Dawkins: Meme Adalah Virus di Otak Anda

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Richard Dawkins: Meme Adalah Virus di Otak Anda Foto: Richard Dawkins (dok. Pribadi)
Jakarta - Meme internet sering muncul dan menghibur. Beberapa kali, meme bahkan mendorong langkah orang ke kantor polisi. Sebelum meme akrab dengan dunia internet seperti sekarang, pada awalnya meme dikemukakan sebagai semacam 'virus' di otak manusia.

Istilah 'meme' pertama kali dibikin oleh Richard Dawkins, seorang ahli biologi evolusioner, dalam bukunya 'the Selfish Gene' atau 'Gen Egois' tahun 1976.

Dikatakan Dawkins, meme adalah unit pengirim pesan dan unit imitasi budaya yang beredar dari satu manusia ke manusia yang lain.


Istilah 'meme' diambilnya dari bahasa Yunani 'mimema' yang artinya 'menandakan' atau sesuatu yang ditiru/diimitasi. Dari 'mimema', Dawkins mengubahnya menjadi 'meme' (dalam Bahasa Inggris dibaca 'mim') lantaran ingin membikin rima yang sama dengan istilah 'gen' (dalam Bahasa Inggris adalah 'gene' dibaca 'jin').

Meme dan gen sama-sama berevolusi. Namun budaya manusia 'berevolusi' lebih cepat ketimbang gen manusia. Unit pengirim pesan ini konkretnya bisa berbentuk lagu, gaya busana, arsitektur, hingga konsep ketuhanan. Unit pengirim pesan ini berkembang biak dari generasi ke generasi.

"Sama seperti gen yang membiakkan diri dalam lumbung gen dengan meloncat dari tubuh ke tubuh melalui sperma atau telur, meme pun meloncat dari otak ke otak melalui suatu proses yang dalam arti luas bisa disebut imitasi," tulis Dawkins.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com