detikNews
Sabtu 09 November 2019, 19:04 WIB

Pameran Pertanian Ramaikan Kongres II Partai NasDem

Angga Laraspati - detikNews
Pameran Pertanian Ramaikan Kongres II Partai NasDem Foto: Dok. NasDem
Jakarta - Selain Kongres II yang bertemakan Restorasi Untuk Indonesia Maju, Partai NasDem juga menggelar Pameran Pertanian. Dalam pameran ini, terdapat 15 entitas perusahaan dan lembaga riset dan pengembangan (R&D) yang bergerak dalam bidang teknologi pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam sambutan pembukaan pameran tersebut menyampaikan, eksistensi pengembangan pertanian memerlukan daya dukung teknologi.

"Saya kira yang terjadi hari ini adalah bagian dari konsistensi hadirnya partai NasDem. Untuk itulah pameran pertanian ini menjadi bagian dari kegiatan Kongres II Partai NasDem," katanya di JIEXPO Kemayoran, Sabtu (9/11/2019).


Syahrul mengungkapkan NasDem mempelopori kegiatan politik seperti kongres, tidak hanya politik organisasi. Lebih dari itu, kegiatan pameran pertanian menjadi upaya untuk mendekatkan partai politik dengan solusi-solusi nyata yang dibutuhkan masyarakat.

"Pada saat ini tidak ada partai politik yang menyelenggarakan kongres dan berusaha melengkapi dirinya dengan mencoba mendekatkan aplikasi kehidupan yang nyata dari tantangan bangsa ini," tegasnya.

Lanjut Syahrul, Partai NasDem berhasil mengangkat restorasi yang benar untuk negeri dan rakyat yang semakin maju.

"Saya sebagai menteri pertanian, insyaallah dalam pikiran saya setiap hari memikirkan tentang pekerjaan saya. Karena kita sebagai kader partai NasDem memahami visi Ketua Umum Surya Paloh ingin melihat negeri ini semakin baik," pungkasnya.


Adapun para peserta yang mengikuti Pameran Pertanian dalam Kongres II Partai NasDem ini merupakan hasil seleksi dari puluhan peserta yang mendaftar. Seleksi dilakukan sebagai bagian dari proses lomba, yang merupakan inovator pilihan.

Pameran Pertanian ini menghadirkan kelompok teknologi berdayaguna bagi sektor pertanian, terbagi ke dalam 8 kategori teknologi, yaitu meliputi, drone untuk sensor kesuburan tanah; drone irigasi; internet of things manajemen panen; teknologi manajemen budidaya jamur; big data manajemen panen; articial intelligence untuk otomatisasi perangkat pertanian; dan internet of things untuk menghubungkan antar perangkat berbasis internet.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com